Tandanu, Denison (2025) Perancangan Kampanye Interaktif mengenai Dampak Fast Food pada Berat Badan di Kalangan Remaja DKI Jakarta. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (282kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (522kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (278kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Peningkatan konsumsi fast food yang tinggi di kalangan remaja menjadi masalah utama yang berkontribusi terhadap meningkatnya prevalensi obesitas dan gangguan metabolik. Remaja dari keluarga menengah ke bawah lebih cenderung mengonsumsi fast food yang disebabkan gaya hidup, pola makan, dan akses ke restoran fast food yang semakin mudah di lingkungan sekitar. Namun, dengan semakin terjangkaunya harga fast food, pola konsumsi ini juga telah menyebar ke berbagai lapisan sosial. Penulis mengusulkan sebuah perancangan kampanye interaktif yang dapat meningkatkan kesadaran remaja terhadap bahaya konsumsi fast food berkelanjutan pada berat badan dan mengubah pola pikir mereka dalam membangun pola makan yang sehat guna mencegah terjadinya peningkatan berat badan yang berujung pada obesitas. Penulis menggunakan metodologi perancangan tahapan kampanye Robin Landa dari bukunya yang berjudul "Advertising by Design". Penulis juga menggunakan metodologi penelitian campuran yang mencakup kualitatif berupa wawancara, focus group discussion, studi eksiting, studi referensi dan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Hasil perancangan berupa strategi komunikasi visual yang mengedukasi remaja dengan pendekatan yang menarik dan interaktif sehingga mereka dapat mengubah pola konsumsi fast food yang berlebihan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Tandanu, Denison (00000061004) |
Contributors: | Flora, Christina |
Keywords: | fast food, remaja, obesitas, kampanye, pola makan, kesehatan |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:33 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |