Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Beli Konsumen pada Produk Sustainable Fashion dari Brand Kaind

Priscilia Purnama Sari, Monica (2025) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Beli Konsumen pada Produk Sustainable Fashion dari Brand Kaind. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (507kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (353kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (291kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (463kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (131kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh industri fesyen sampai saat ini masih menjadi isu dikarenakan proses produksi dan penggunaan bahan yang tidak ramah lingkungan, serta maraknya tren fast fashion di Indonesia, menyebabkan peningkatan limbah tekstil, pencemaran air dan tanah, serta emisi karbon. Menanggapi permasalahan ini, KaIND hadir sebagai salah satu brand sustainable fashion lokal yang mengusung keberlanjutan dalam proses produksinya, dan menggunakan bahan baku yang lebih ramah lingkungan. Namun, rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penggunaan produk ramah lingkungan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi KaIND untuk mengedukasi dan melakukan penjualan produk. Penelitian yang didasari dengan Theory of Planned Behavior (TPB) ini bertujuan untuk mendorong niat konsumen untuk melakukan pembelian produk sustainable fashion, khususnya KaIND, dengan menganalisis pengaruh antara attitude, subjective norms, perceived behavioral control, willingness to pay premium, dan environmental consciousness dengan purchase intention. Pada penelitian terdapat 5 hipotesis yang akan diuji dan data yang terkumpul dari 137 responden akan dianalisis dengan tehnik analisis regresi berganda, serta diolah menggunakan software IBM Statisctic SPSS versi 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa attitude, perceived behavioral control, willingness to pay premium, dan environmental consciousness berpengaruh positif terhadap purchase intention. Sedangkan, subjective norms tidak berpengaruh signifikan terhadap purchase intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Priscilia Purnama Sari, Monica (00000061420)
Contributors: Purnamaningsih, Purnamaningsih
Keywords: attitude, perceived behavioral control, willingness to pay premium, environmental consciousness, purchase intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40425

Actions (login required)

View Item View Item