Larasati, Putri (2025) Strategi Manajemen Majalah Dewi Berbasis RBV Kriteria VRIN untuk Tetap Relevan di Era Digital. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (398kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (489kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (429kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (314kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (355kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Majalah sebagai media cetak terus menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan relevansinya di era digital khususnya pada majalah wanita. Penurunan jumlah pembaca dan pendapatan dari iklan membuat beberapa majalah wanita baik lokal maupun internasional memutuskan untuk menghentikan edisi cetaknya dan beralih sepenuhnya ke platform digital. Berbeda dengan Majalah Dewi yang dapat mempertahankan edisi cetak dan secara bersamaan mengelola platform digitalnya. Maka dari itu, penelitian ini fokus untuk mengidentifikasi strategi manajemen media menurut Küng (2017) dan perubahan ruang redaksi oleh Boczkowski (2004) dalam Majalah Dewi agar tetap relevan di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi- terstruktur, observasi nonpartisipan, serta dokumentasi yang dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Majalah Dewi memanfaatkan keunggulan kompetitifnya melalui pendekatan Resource-Based View (RBV) dengan kriteria VRIN (Valuable, Rare, Inimitable, dan Non-substitutable). Strategi tersebut meliputi kurasi konten berkualitas, identitas merek yang kuat, kolaborasi eksklusif, dan memiliki platform digital serta edisi cetak. Selain itu, Majalah Dewi telah menerapkan perubahan ruang redaksi dari segi struktur organisasi, praktik kerja, dan representasi pengguna sebagai hal yang penting dalam proses adaptasi menggunakan platform digital dan memahami preferensi audiens.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Larasati, Putri (00000061429) |
Contributors: | Mediyawati, Niknik |
Keywords: | Majalah Dewi, majalah cetak, majalah wanita, perubahan ruang redaksi, strategi manajemen media 8 Strategi Manjemen Majalah Dewi..., Putri Larasati, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:38 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |