Mohammad Athallah, Fathan (2025) Perancangan Buku Pop-up Interaktif Mengenai Memasak sebagai Pengenalan Kemandirian Anak. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (670kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (267kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (354kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (244kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (14MB) |
Abstract
Kemandirian merupakan aspek penting dalam tumbuh kembang anak, salah satu cara untuk menumbuhkan sifat kemandirian adalah dengan kegiatan memasak yang tentunya dapat melatih rasa tanggung jawab, inisiatif dan berpikir kritis. Namun, minat anak terhadap aktivitas memasak masih terbilang rendah, salah satu faktornya adalah karena media pembelajaran memasak untuk anak yang tersedia pada saat ini umumnya masih belum menarik dan belum bisa menyesuaikan dengan karakteristik anak-anak. Selain itu, sikap orang tua yang terlalu protektif juga dapat menghambat anak untuk mengeksplorasi kegiatan memasak tersebut. Maka dari itu, tugas akhir ini dibuat untuk merancang sebuah buku pop-up interaktif untuk meningkatkan kemandirian anak dengan belajar memasak yang ditujukan untuk anak dengan rentang usia 6-9 tahun sebagai media belajar memasak yang menyenangkan dan menarik dengan memberikan fitur yang interaktif. Proses perancangan dilakukan dengan menggunakan metode Design thinking yang mengacu pada tiga tahapan, yaitu inspiration, ideation, dan implementetion. Hasil perancangan menunjukkan bahwa buku pop-up interaktif mampu meningkatkan keterlibatan anak dalam memahami suatu informasi dengan lebih mendalam dan juga dengan retensi membaca yang lebih lama, hal tersebut juga sekaligus mempermudah pemahaman anak dalam menangkap pembelajaran memasak yang merupakan isi konten dari perancangannya. Respons anak-anak dan orang tua menunjukkan bahwa buku perancangan ini mampu menjadi media pembelajaran yang efektif dalam memperkenalkan kegiatan memasak, yang nantinya mampu juga untuk meningkatkan nilai kemandirian anak dengan kegiatan memasak tersebut. Kesimpulannya, media pembelajaran interaktif seperti buku pop-up interaktif pembelajar memasak dapat menjadi solusi yang edukatif dan menyenangkan untuk membangun sikap kemandirian pada anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Mohammad Athallah, Fathan (00000061435) |
Contributors: | Cennywati, Cennywati |
Keywords: | Interaktif, Kemandirian, memasak, buku pop-up |
Subjects: | 700 Arts and Recreation |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:38 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |