Pengaruh Kepercayaan Merek dan Nilai yang Dirasakan terhadap Niat Beli Ventela dengan Preferensi Merek sebagai Variabel Mediasi

Ramadhan B Suhartono, Bryan (2025) Pengaruh Kepercayaan Merek dan Nilai yang Dirasakan terhadap Niat Beli Ventela dengan Preferensi Merek sebagai Variabel Mediasi. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (572kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (379kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (347kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Industri sepatu lokal di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen, khususnya Generasi Z, terhadap kualitas produk dalam negeri. Salah satu merek lokal yang menonjol adalah Ventela, yang dikenal dengan desain trendi dan harga terjangkau. Namun, di tengah persaingan yang ketat, penting bagi Ventela untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi niat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand trust dan perceived value terhadap purchase intention dengan brand preference sebagai variabel mediasi pada konsumen Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 140 responden dan diolah menggunakan software SmartPLS 4.1.1.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand trust dan perceived value berpengaruh signifikan terhadap brand preference. Selain itu, perceived value dan brand preference juga berpengaruh signifikan terhadap purchase intention. Namun, brand trust tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap purchase intention. Hasil ini mengindikasikan bahwa meskipun kepercayaan terhadap merek penting, hal tersebut belum cukup untuk mendorong niat beli tanpa adanya preferensi merek yang kuat. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan strategis bagi Ventela dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan membangun loyalitas konsumen di kalangan Generasi Z.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Ramadhan B Suhartono, Bryan (00000061464)
Contributors: Wongkar, Kanon Mommsen
Keywords: brand trust, perceived value, brand preference, purchase intention 8 Pengaruh Brand Trust dan Perceived Value Terhadap Brand Preference dan Purchase Intention Pada Konsumen Sepatu Ventela, Bryan Ramadhan B Suhartono, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40433

Actions (login required)

View Item View Item