Strategi Event Management the Sounds Project 7 dalam Mengoptimasi Pertumbuhan di Industri Event Musik

Valery, Shannon (2025) Strategi Event Management the Sounds Project 7 dalam Mengoptimasi Pertumbuhan di Industri Event Musik. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (823kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (343kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (320kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Festival musik merupakan salah satu sektor industri hiburan di Indonesia yang sangat digemari dan berkembang pesat. The Sounds Project adalah salah satu festival musik yang awalnya diselenggarakan sebagai acara berskala universitas, namun berhasil berkembang hingga menjadi festival musik komersial nasional yang dikenal luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi event management yang diterapkan oleh The Sounds Project sehingga dapat konsisten dalam mengembangkan festival musiknya. Penelitian ini menggunakan konsep event management dari Goldblatt dan dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi pustaka, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis dari Robert K. Yin. Hasil dan pembahasan penelitian ini mencakup lima tahapan utama dalam event management: 1) Riset, menganalisa festival yang serupa dari kompetitor untuk memahami tren dan kebutuhan pasar; 2) Desain, tema besar yang ditentukan oleh The Sounds Project; 3) Perencanaan, menyusun timeline, lokasi, kurasi, dan teknik pemasaran; 4) Koordinasi, komunikasi pihak internal dan eksternal selama keberlangsungan acara; 5) Evaluasi internal dan eksternal untuk mengukur kepuasan dan keberhasilan festival. Kesimpulan yang didapatkan adalah The Sounds Project 7 telah menerapkan lima tahap event management untuk mengoptimasi pertumbuhan sebagai festival musik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Valery, Shannon (00000061487)
Contributors: Dinansyah, Fakhriy
Keywords: Event Management, Festival Musik, The Sounds Project
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40435

Actions (login required)

View Item View Item