Mulyasih, Luh (2025) Pengaruh Nilai Perusahaan Food and Beverage terhadap Price Earning Ratio (PER) di Bursa Efek Indonesia pada Periode Tahun 2019 - 2023. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (441kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (512kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (228kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (418kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (170kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (134kB) |
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh nilai perusahaan terhadap Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan sektor makanan dan minuman dalam daftar Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 20192023. Latar belakang penelitian ini didasari oleh urgensi PER sebagai indikator fundamental dalam proses mengambil keputusan investasi serta perlunya pemahaman terhadap faktor-faktor internal perusahaan yang memengaruhi fluktuasi PER, terutama pada sektor makanan dan minuman yang bersifat defensif di tengah ketidakpastian ekonomi. Studi ini menerapkan empat variabel independen, yaitu Return on Assets (ROA), Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), dan Dividend Payout Ratio (DPR) untuk mengukur nilai perusahaan. Jenis pendekatan yang diterapkan yaitu kuantitatif, karena dinilai sesuai untuk mengkaji korelasi antar variabel numerik dalam rentang waktu. Model diuji dengan pengujian Chow, Hausman, dan Lagrange Multiplier (LM) untuk menentukan model yang paling sesuai, yang kemudian menghasilkan Fixed Effect Model (FEM) sebagai model terbaik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari keempat variabel independen yang diuji, hanya Dividend Payout Ratio (DPR) yang berpengaruh signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER). Temuan ini mengindikasikan bahwa investor dalam sektor makanan dan minuman lebih responsif terhadap sinyal pembagian dividen dibandingkan indikator keuangan lainnya seperti profitabilitas, likuiditas, atau struktur modal. Oleh karena itu, bagi investor, DPR dapat dijadikan sebagai indikator utama dalam mengevaluasi saham-saham di sektor ini, terutama dalam kondisi pasar yang stabil. Manajemen perusahaan juga disarankan untuk menjaga konsistensi kebijakan dividen sebagai strategi untuk menarik minat pasar dan mempertahankan valuasi perusahaan yang kompetitif.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Creators: | Mulyasih, Luh (00000061757) |
Contributors: |
|
Keywords: | Dividend Payout Ratio (DPR), Food and Beverages, Nilai Perusahaan, Price Earning Ratio (PER), Return on Assets (ROA) |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 05:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40455 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |