Pengaruh Continuous Commitment dan Personal Value terhadap Employee Performance Generasi Z melalui Job Satisfaction: Studi Kasus Perusahaan Startup di Kota Tangerang Selatan

Muthia Bisri, Saskia (2025) Pengaruh Continuous Commitment dan Personal Value terhadap Employee Performance Generasi Z melalui Job Satisfaction: Studi Kasus Perusahaan Startup di Kota Tangerang Selatan. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (14MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (979kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (711kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (578kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (615kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Pesatnya pertumbuhan industri startup di Indonesia menghadirkan tantangan baru, khususnya dalam mempertahankan karyawan Generasi Z yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap nilai pribadi dan kepuasan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh continuous commitment dan personal value terhadap employee performance Generasi Z dengan job satisfaction sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden karyawan Gen Z yang bekerja di perusahaan startup di Kota Tangerang Selatan. Analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) melalui aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa continuous commitment berpengaruh positif signifikan terhadap job satisfaction sebesar 4,227. Kedua, personal value berpengaruh positif signifikan terhadap job satisfaction sebesar 4,225. Ketiga, job satisfaction secara signifikan memediasi hubungan terhadap continuous commitment dan employee performance sebesar 3,709. Keempat, job satisfaction secara signifikan memediasi hubugan antara personal value dan employee performance seebsar 3,761. Kebaruan penelitian ini terletak pada fokus terhadap karakteristik unik Gen Z dalam konteks startup lokal, serta bagaimana keselarasan nilai pribadi dan komitmen jangka panjang dapat mendorong kinerja optimal. Implikasi praktisnya, perusahaan startup perlu membangun strategi retensi berbasis nilai serta menciptakan lingkungan kerja yang mampu meningkatkan kepuasan kerja bagi karyawan Gen Z.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Muthia Bisri, Saskia (00000062425)
Contributors: Budiyanto, Hendro
Keywords: Continuous Commitment, Personal Value, Job Satisfaction, Employee Perfromance, Generasi Z, Startup.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40482

Actions (login required)

View Item View Item