Strategi Komunikasi Media Sosial Brand Skindoze melalui Klaim Produk Lokal dalam Meningkatkan Engagement

Octavia Wenzel, Anasta (2025) Strategi Komunikasi Media Sosial Brand Skindoze melalui Klaim Produk Lokal dalam Meningkatkan Engagement. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (792kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (585kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (422kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (382kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tren dari penggunaan produk lokal telah menyebabkan begitu banyaknya bermunculan produk kecantikan lokal di Indonesia. Meningkatnya industri kecantikan telah menyebabkan jumlah kenaikan sebesar 21,9% yang telah menyentuh 1.010 perusahaan kosmetik saat ini di Indonesia. Dengan begitu besarnya potensi pasar tersebut menyebabkan sebuah merek atau perusahaan, memerlukan pemasaran yang unik dan kreatif untuk taurus dapat bersaing di tengah persaingan pasar yang begitu ketat. Salah satu merek produk kecantikan yang menggunakan klaim "produk lokal" adalah Skindoze. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis komunikasi media sosial yang digunakan oleh Skindoze melalui klaim produk lokal dalam meningkatkan engagement. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme dengan menggunakan metode studi kasus. Informan yang terpilih sebagai individu-individu yang dianggap memiliki kapabilitas dalam memberikan informasi terkait strategi komunikasi dan manajemen media sosial brand. Hasil penelitian menujukkan jika staregi media sosial yang dilakukan Skindoze secara umum telah mencerminkan tahapan Social Media Marketing Plan menurut Tuten & Solomon (2018). Nilai dari Skindoze sebagai merek local sudah kaut, namun klaim "produk local" kurang ditonjolkan sebagai nilai dari merek meskipun komunikasi dalam pemahaman produk local sudah terlaksanakan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Octavia Wenzel, Anasta (00000062846)
Contributors: Fakhruddin, Irwan
Keywords: Produk Lokal, Komunikasi Pemasaran, Instagram, Produk Lokal.
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40487

Actions (login required)

View Item View Item