Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intention to Use ShopeeFood pada Generasi Z di Jabodetabek

Chandra, Reynaldo (2025) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Intention to Use ShopeeFood pada Generasi Z di Jabodetabek. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (812kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (782kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (872kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (319kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ShopeeFood merupakan sebuah platform food delivery application yang termasuk dari perusahaan Shopee, yang dimana Shopee merupakan platform e-commerce terbesar di Indonesia, selain itu ShopeeFood juga telah melakukan promosi berupa diskon, subsidi ongkir, dan insentif lainnya, tetapi ShopeeFood masih kesulitan untuk menyaingi kompetitornya di bidang food delivery application. Maka dari itu penelitian ini ingin meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi niat penggunaan ShopeeFood. Peneliti menggunakan Uses and Gratification Theory untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengguna untuk menggunakan food delivery application dan juga apa yang membentuk preferensi pengguna dalam memilih food delivery application. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebar kuesioner secara online melalui media google form. Target responden dari penelitian ini adalah antara lain pengguna aktif food delivery application yang termasuk dalam generasi z (17-28) yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, dan tidak memilih ShopeeFood sebagai opsi food delivery application utamanya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menilai indikator dari masing- masing variabel. Dari penelitian ini, didapatkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Intention to Use dengan Customer Experience, dan Quality Control. Sedangkan untuk variabel Societal Pressure, Delivery Experience, Ease of Use, Convenience, Listing, dan Search of Restaurant tidak berpengaruh positif terhadap Intention to Use.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Chandra, Reynaldo (00000063258)
Contributors: Rizkalla, Nosica
Keywords: Intention to Use ShopeeFood, Intention to Use Food Delivery Application, Faktor-faktor yang mempengaruhi Intention to Use.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40499

Actions (login required)

View Item View Item