Peran dan Tantangan Penggunaan Generative AI dalam Integrated Marketing Communications di Indonesia dan Internasional (2023-2025): Sebuah Analisis Literature Review

Dzulaikha Qoizun, Aulalia (2025) Peran dan Tantangan Penggunaan Generative AI dalam Integrated Marketing Communications di Indonesia dan Internasional (2023-2025): Sebuah Analisis Literature Review. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (637kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (778kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (290kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (126kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan Artificial Intelligence (AI) yang cepat telah mengubah total cara komunikasi pemasaran jadi lebih otomatis, personal, dan didasari oleh data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apa saja peran dan tantangan dalam menggunakan GenAI agar komunikasi pemasaran menjadi lebih efektif. Dengan metode tinjauan pustaka yang sistematis dari artikel jurnal nasional dan internasional ditambah dengan sudut pandang praktisi, penelitian ini menganalisis temuannya menggunakan beberapa kerangka teori, yaitu Integrated Marketing Communications (IMC), Artificial Intelligence Marketing (AIM), Segmentation, Targeting, Positioning (STP), dan kategori kemampuan AI (mechanical, thinking, feeling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran AI di mana-mana itu sama: membuat konten otomatis dan menyasar iklan agar lebih tepat sasaran. Namun, ternyata ada perbedaan tantangan yang mendasar secara global dengan dilema etika seperti privasi data dan algoritma yang bias, sementara Indonesia menghadapi tantangan terkait sikap skeptis yang muncul dari budaya dan masih banyak pengguna yang belum memahami penggunaan teknologi. Untuk menjembatani kesenjangan yang ada, penggunaan AI di Indonesia bergantung pada proses 'Indonesianisasi' teknologi dengan penyesuaian mendalam terhadap konteks sosial dan budaya lokal. Indonesianisasi teknologi ini bertujuan untuk membangun kepercayaan pengguna di Indonesia agar tidak terlalu skeptis terhadap teknologi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Dzulaikha Qoizun, Aulalia (00000063262)
Contributors: Amalia, Selvi (0325108004)
Keywords: Etika Data, Kecerdasan Artifisial, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Strategi Digital
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 10 Sep 2025 05:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40501

Actions (login required)

View Item View Item