Perancangan Kampanye Mengenai Pentingnya Penerimaan Orang Tua pada Anak Berkebutuhan Khusus

Cendika, Fredy (2025) Perancangan Kampanye Mengenai Pentingnya Penerimaan Orang Tua pada Anak Berkebutuhan Khusus. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (777kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (934kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (594kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (115kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)

Abstract

Anak yang sehat tentunya menjadi harapan setiap orang tua namun sayangnya, masih banyak anak-anak yang terlahir dengan kondisi dengan kebutuhan khusus atau disabilitas. Sampai saat ini masih banyak orang tua yang beranggapan bahwa anak berkebutuhan khusus adalah sebuah aib atau karma keluarga yang harus ditutupi sehingga membuat mereka sulit untuk menerima anaknya secara lapang dada. Kurangnya rasa penerimaan orang tua berdampak pada perkembangan anak baik secara fisik maupun secara psikis. Perancangan kampanye ini bertujuan untuk membantu mempercepat proses penerimaan orang tua. Dengan meningkatkan kesadaran dan penerimaan orang tua dapat memperbaiki hingga mengembangkan kehidupan anak-anak tersebut ke arah yang lebih baik dan berkualitas. Dengan melalui media kampanye, perancangan ini menggunakan metode Human Centered Design by IDEO. Hasil perancangan berupa kampanye bernama "Melangkah untuk Menerima" berupa buku sebagai media utama, video, dan media lainnya. Pemilihan buku sebagai media utama dapat membantu menyampaikan informasi sehingga orang tua dapat memahami konten sesuai dengan kenyamanan mereka. Selain itu, buku juga memberikan pengalaman yang lebih personal dan reflektif. Melalui kampanye ini, penulis berharap dapat membantu atau mempercepat proses penerimaan orang tua terhadap kondisi anak mereka dengan hati yang lapang. Dengan pemberian dukungan dapat mempengaruhi rasa empati orang tua sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup anak-anak mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Cendika, Fredy (00000063597)
Contributors: Arpan, Dedy
Keywords: Kampanye, Penerimaan, Anak berkebutuhan khusus, Orang tua
Subjects: 700 Arts and Recreation
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 10 Sep 2025 06:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40520

Actions (login required)

View Item View Item