Faktor-faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Pengguna Tiket.com: Sebuah Pendekatan Berdasarkan Theory of Consumption Values

Irene Putrinita Onang Wijaya, Audrey Kay (2025) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Pengguna Tiket.com: Sebuah Pendekatan Berdasarkan Theory of Consumption Values. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (781kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (619kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (612kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak dari nilai fungsional, nilai sosial, nilai informasi, dan nilai preferensi terhadap niat pembelian pada platform Agen Perjalanan Online (OTA), yaitu Tiket.com. Di era digital saat ini, keberadaan OTA memiliki peranan yang sangat signifikan dalam sektor pariwisata, terutama dalam meningkatkan kemudahan dan aksesibilitas untuk pemesanan layanan perjalanan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah survei dengan teknik analisis regresi linier berganda, dimana data diperoleh dari 136 responden yang merupakan pengguna aktif Tiket.com. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Manfaat dan Status Sosial memiliki dampak yang signifikan terhadap keinginan untuk membeli. Sementara itu, Nilai Moneter dan Nilai Informasi ternyata tidak menunjukkan dampak yang signifikan. Selain itu, hasil analisis menunjukkan bahwa Tiket.com harus meningkatkan mutu layanan dan memperkuat elemen status sosial dalam platformnya untuk menarik lebih banyak pengguna dan meningkatkan kesetiaan pelanggan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengalaman pengguna yang terkait dengan keuntungan kualitas dan status sosial berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian melalui platform OTA.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Irene Putrinita Onang Wijaya, Audrey Kay (00000064146)
Contributors: Rizkalla, Nosica
Keywords: Tiket.com , Functional Values, Social Status value, Preference value, Information value, purchase intention,
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40557

Actions (login required)

View Item View Item