Pengaruh Functional Value, Social Value, dan Emotional Value terhadap Green Purchase Intention Brand Pijak Bumi dengan Green Trust sebagai Variabel Mediasi

Widiaphilberto, Reyno (2025) Pengaruh Functional Value, Social Value, dan Emotional Value terhadap Green Purchase Intention Brand Pijak Bumi dengan Green Trust sebagai Variabel Mediasi. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (816kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (698kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (625kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Peningkatan kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan mendorong munculnya produk berkelanjutan di berbagai sektor, termasuk industri alas kaki. Pijak Bumi merupakan salah satu brand lokal yang menawarkan sepatu ramah lingkungan berbasis prinsip keberlanjutan. Namun, meskipun memiliki nilai keberlanjutan yang tinggi, minat beli terhadap produk ini masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh functional value, social value, dan emotional value terhadap green purchase intention dengan green trust sebagai variabel mediasi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei dan penyebaran kuesioner online kepada 128 responden yang dipilih melalui teknik judgmental sampling, dengan kriteria pengguna sneakers, mengetahui brand Pijak Bumi, memahami bahwa produk tersebut ramah lingkungan, dan belum pernah membeli produknya. Analisis data dilakukan menggunakan melalui software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa functional value, social value, dan emotional value berpengaruh signifikan terhadap green trust, dan green trust secara signifikan memengaruhi green purchase intention. Namun, hanya emotional value yang terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap green purchase intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Widiaphilberto, Reyno (00000064498)
Contributors: Theodora Ratna Primantina, Angelina (0313097403)
Keywords: Functional Value, Social Value, Emotional value, Green Trust, Green Purchase Intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40564

Actions (login required)

View Item View Item