Strategi Konten Kreator @itscasriani dalam Mempromosikan Mindful Consumption di Kalangan Gen Z

Iveren, Novhie (2025) Strategi Konten Kreator @itscasriani dalam Mempromosikan Mindful Consumption di Kalangan Gen Z. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (412kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (757kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (433kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (378kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kesadaran akan keberlanjutan menjadi kunci dalam mencapai pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan. Di tengah tren konsumsi berlebihan yang dipengaruhi oleh media sosial, generasi z sering terjebak dalam perilaku impulsif dan FOMO (Fear of Missing Out), yang mendorong konsumsi yang tidak perlu. Mindful consumption muncul sebagai respons untuk mengurangi dampak negatif ini, mengajak konsumen untuk lebih sadar dalam membuat keputusan konsumsi yang bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan strategi konten yang digunakan @itscasriani untuk mendorong mindful consumption di kalangan generasi z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konten @itscasriani untuk mendorong mindful consumption di kalangan generasi z adalah strategi konten berbasis edukatif dan storytelling yang memadukan nilai keberlanjutan dengan pendekatan personal dan relatable. Strategi ini diwujudkan melalui pemilihan topik yang relevan dengan keseharian audiens, penyampaian pesan secara visual dan naratif, serta konsistensi dalam menyuarakan nilai-nilai anti-overconsumption. Melalui platform seperti TikTok dan Instagram, @itscasriani berhasil membangun kesadaran kritis terhadap budaya konsumsi impulsif dan mendorong audiens untuk melakukan refleksi terhadap kebiasaan belanja mereka, yang dalam jangka panjang memengaruhi perubahan pola pikir dan perilaku konsumsi secara positif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Iveren, Novhie (00000064517)
Contributors: Wenats Wuryanta, Aloysius Gonzaga Eka
Keywords: FOMO, Mindful Consumption, Overconsumption, Strategi Konten
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40565

Actions (login required)

View Item View Item