Pengaruh Live Streamer Interaction, Live Streamer Professionalism dan Price Discount terhadap Purchase Intention pada Live Streaming Produk Sometinc di Platform TikTok

Ariel Ramadhan, Alif (2025) Pengaruh Live Streamer Interaction, Live Streamer Professionalism dan Price Discount terhadap Purchase Intention pada Live Streaming Produk Sometinc di Platform TikTok. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (785kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (484kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (543kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (320kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola perilaku konsumen dalam berbelanja, salah satunya melalui fenomena live streaming shopping yang semakin populer di platform TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh live streamer interaction, live streamer professionalism, dan price discount terhadap purchase intention (niat beli) konsumen pada produk Somethinc dalam konteks live streaming shopping. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode survey melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang pernah mengikuti sesi live streaming produk Somethinc di TikTok. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan SPSS dengan teknik uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen--interaksi dengan live streamer, profesionalisme live streamer, dan diskon harga-- berpengaruh signifikan secara simultan terhadap purchase intention. Secara parsial, live streamer professionalism dan price discount memiliki pengaruh yang lebih kuat dibandingkan live streamer interaction. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi pelaku bisnis dan brand kecantikan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif melalui fitur live streaming.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Ariel Ramadhan, Alif (00000065046)
Contributors: Susanto, Yosef Budi
Keywords: live streamer intercation, live streamer professionalism, price discount, purchase intention, Tiktok. 8 Pengaruh live streamer interaction, live streamer proffesionalism dan price discount terhadap purchase intention pada live streaming shopping produk somethinc di platform tiktok, Alif Ariel Ramadhan, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40581

Actions (login required)

View Item View Item