Analisis Pengaruh Kredibilitas, Daya Tarik, dan Konten Influencer terhadap Niat Beli Online melalui Live Streaming

Zaldi Maulidin, Muhammad (2025) Analisis Pengaruh Kredibilitas, Daya Tarik, dan Konten Influencer terhadap Niat Beli Online melalui Live Streaming. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (568kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (630kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (285kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (160kB)

Abstract

Perkembangan industri sosial commerce dan pemasaran melalui live streaming mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh kredibilitas influencer dan sikap pelanggan terhadap kesadaran merek, asosiasi merek, serta niat pembelian online. Metode yang digunakan adalah model persamaan struktural (SEM) dengan pendekatan kuantitatif, berdasarkan teori kredibilitas influencer dan persepsi pelanggan. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden yang berpotensi melakukan pembelian melalui live streaming, dengan total 277 responden. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan memperluas pemahaman tentang mekanisme pengaruh kredibilitas influencer dalam konteks live streaming commerce yang masih terbatas dalam literatur sebelumnya. Secara praktis, temuan ini dapat membantu Brand dalam merancang strategi influencer marketing yang lebih efektif untuk meningkatkan performa sales melalui platform live streaming.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Zaldi Maulidin, Muhammad (00000099120)
Contributors:
  1. Prihanto, J. Johny Natu
  2. Prettypal Singh, Rajesh
Keywords: Kredibilitas influencer, sikap pelanggan, kesadaran merek, asosiasi merek, niat pembelian online, Social Commerce, Live Streaming Marketing
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40642

Actions (login required)

View Item View Item