Perancangan Balanced Scorecard untuk Lebih Memastikan Tercapainya Visi, Misi dan Tujuan Strategis Perusahaan XYZ

Ignasius, Steven (2024) Perancangan Balanced Scorecard untuk Lebih Memastikan Tercapainya Visi, Misi dan Tujuan Strategis Perusahaan XYZ. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (742kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (463kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (515kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (459kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (232kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam mengidentifikasi tujuan strategis, menentukan Key Performance Indicator (KPI) berserta target dan inisiatif Perusahaan XYZ dari perspektif Balanced Scorecard (BSc). Perusahaan XYZ mengalami pertumbuhan penjualan yang signifikan pada tahun 2020, namun mengalami penurunan pada tahun ­ tahun berikutnya. Kinerja keuangan secara keseluruhan mengikuti tren yang sama, dengan puncak pada tahun 2020 dan penurunan pada tahun ­ tahun setelahnya. Meskipun profitabilitas mengalami peningkatan pada tahun 2020 ­ 2022, namun pada tahun 2023 terjadi sedikit penurunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif case study melalui wawancara melakukan observasi dan pengumpulan data serta informasi. Hasil penelitian mengidentifikasi 11 tujuan strategis yang terdiri dari 2 strategis pada perspektif pembelajaran & pertumbuhan (meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta meningkatkan penggunaan teknologi), 3 strategis pada perspektif proses bisnis internal (meningkatkan analisis riset pasar, meningkatkan strategi pendekatan pelanggan dan meningkatkan pengelolaan anggaran biaya), 3 strategis pada perspektif pelanggan (meningkatkan layanan dan informasi produk, meningkatkan closing deals dan meningkatkan kepuasan pelanggan) dan 3 strategis pada perspektif keuangan (meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya operasional dan meningkatkan profit margin). Dari tujuan strategis tersebut menghasilkan KPI, target dan inisiatifnya yang juga dibahas dalam penelitian ini. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada penerapan praktis dari konsep BSc dalam konteks perusahaan tertentu, serta pengembangan tujuan strategis dan KPI yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi bagi perusahaan dengan menyediakan pedoman yang jelas dan terukur untuk mencapai tujuan strategisnya. Kerangka kerja yang dihasilkan dapat menjadi dasar bagi perusahaan dalam mengambil keputusan strategis dan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Ignasius, Steven (00000103766)
Contributors:
  1. Prihanto, J. Johny Natu
  2. Setiorini, Amanda
Keywords: KPI, BSC, Case Study, Tujuan Strategis, Kinerja Perusahaan. x Perancangan Balanced Scorecard..., Steven Ignasius, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40647

Actions (login required)

View Item View Item