Lillah Rizki Heryanda, Fazrah (2024) Adopsi Inovasi Artificial Intelligence (AI) dalam Produksi Konten di Agensi Multinasional dan Nasional. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (400kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (212kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (414kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (156kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (127kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
![]() |
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (249kB) |
Abstract
Artificial Intelligence (AI) semakin berkembang pesat dalam industri periklanan, mendorong agensi multinasional dan nasional untuk mengadopsi inovasi ini. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi adopsi inovasi AI dalam produksi konten iklan dengan fokus pada perbedaan karakteristik dan skalabilitas antara agensi multinasional dan nasional. Teori Difusi Inovasi dari Everett M. Rogers digunakan sebagai kerangka konseptual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tim kreatif dari Dentsu Indonesia sebagai agensi multinasional dan Popcult Group sebagai agensi nasional dan dianalisis menggunakan pattern matching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan sikap Dentsu Indonesia terhadap AI lebih proaktif, didukung budaya organisasi yang inovatif. Sebaliknya, Popcult Group memiliki pemahaman yang cukup baik namun cenderung lebih selektif. Dalam keputusan adopsi inovasi, Dentsu Indonesia mendukung penggunaan AI dengan fasilitas lengkap untuk tim kreatif, sementara Popcult Group lebih pragmatis dengan mengandalkan fitur gratis AI. Implementasi AI di Dentsu Indonesia juga lebih variatif dan ekstensif dibandingkan Popcult Group. Namun, keberlanjutan adopsi AI di kedua agensi menghadapi tantangan seperti regulasi, isu hak cipta, dan etika. Adapun penelitian ini memberikan wawasan konseptual tentang perbedaan inovasi adopsi AI, menawarkan pandangan strategis untuk memanfaatkan AI secara optimal guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam industri periklanan.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Creators: | Lillah Rizki Heryanda, Fazrah (00000105259) |
Contributors: |
|
Keywords: | Artificial Intelligence (AI), Produksi Konten, Teori Difusi Inovasi, Agensi |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Master Communication Studies |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 09:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |