Adopsi Inovasi Artificial Intelligence (AI) dalam Produksi Konten di Agensi Multinasional dan Nasional

Lillah Rizki Heryanda, Fazrah (2024) Adopsi Inovasi Artificial Intelligence (AI) dalam Produksi Konten di Agensi Multinasional dan Nasional. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (400kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (212kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (414kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (156kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (127kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (249kB)

Abstract

Artificial Intelligence (AI) semakin berkembang pesat dalam industri periklanan, mendorong agensi multinasional dan nasional untuk mengadopsi inovasi ini. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi adopsi inovasi AI dalam produksi konten iklan dengan fokus pada perbedaan karakteristik dan skalabilitas antara agensi multinasional dan nasional. Teori Difusi Inovasi dari Everett M. Rogers digunakan sebagai kerangka konseptual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tim kreatif dari Dentsu Indonesia sebagai agensi multinasional dan Popcult Group sebagai agensi nasional dan dianalisis menggunakan pattern matching. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan sikap Dentsu Indonesia terhadap AI lebih proaktif, didukung budaya organisasi yang inovatif. Sebaliknya, Popcult Group memiliki pemahaman yang cukup baik namun cenderung lebih selektif. Dalam keputusan adopsi inovasi, Dentsu Indonesia mendukung penggunaan AI dengan fasilitas lengkap untuk tim kreatif, sementara Popcult Group lebih pragmatis dengan mengandalkan fitur gratis AI. Implementasi AI di Dentsu Indonesia juga lebih variatif dan ekstensif dibandingkan Popcult Group. Namun, keberlanjutan adopsi AI di kedua agensi menghadapi tantangan seperti regulasi, isu hak cipta, dan etika. Adapun penelitian ini memberikan wawasan konseptual tentang perbedaan inovasi adopsi AI, menawarkan pandangan strategis untuk memanfaatkan AI secara optimal guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam industri periklanan.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Lillah Rizki Heryanda, Fazrah (00000105259)
Contributors:
  1. Murwani, Endah
  2. Astagini, Nuria
Keywords: Artificial Intelligence (AI), Produksi Konten, Teori Difusi Inovasi, Agensi
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Master Communication Studies
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40653

Actions (login required)

View Item View Item