Tjiandra, Bobby (2024) Transformasi Digital melalui Pengembangan Learning Management Systems pada Lembaga Pendidikan Studi Kasus Sekolah Metodist 2 Palembang. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (505kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (419kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (755kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (108kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (70kB) |
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan utama dalam proses digitalisasi di Sekolah Methodist 2 Palembang, seperti infrastruktur fisik terbatas, rendahnya efisiensi administrasi, kurangnya inovasi dalam metode pembelajaran, dan keterbatasan keterampilan digital siswa. Penelitian bertujuan mengembangkan Learning Management System (LMS) sebagai solusi transformasi digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, efisiensi operasional, dan daya saing institusi pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan mix-method, mengombinasikan analisis kualitatif dan kuantitatif. Model digital maturity diukur menggunakan Higher Education Digital Capability Framework dengan empat dimensi utama: Learning Design, Learner Experience, Work & Lifelong Learning, serta Demand and Discovery. Kerangka Joe & Peppard melibatkan analisis SWOT, PESTEL, Value Chain, dan Five Forces Porter. Hasil penelitian menunjukkan implementasi LMS secara signifikan meningkatkan kualitas interaksi antara guru dan siswa, aksesibilitas materi, serta efisiensi administrasi. Selain itu, LMS memberikan dampak positif terhadap motivasi belajar peserta didik dan efisiensi kerja guru. Langkah berikutnya meliputi penyempurnaan fitur LMS berdasarkan umpan balik pengguna, pelatihan intensif bagi guru, dan pengembangan strategi keberlanjutan untuk optimalisasi transformasi digital di sekolah, pengembangan versi mobil, dan kelas virtual dengan AI dan VR serta sekolah hybrid.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Creators: | Tjiandra, Bobby (00000105560) |
Contributors: |
|
Keywords: | Transformasi digital, learning management system, pendidikan, efisiensi operasional, interaksi pembelajaran 8 Transformasi Digital Melalui..., Bobby Tjiandra, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 09:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |