Strategi Komunikasi Media Sosial Akun X @Hariankompas Menghadapi News Avoidence

Benoe Angger Putranto, Andreas (2024) Strategi Komunikasi Media Sosial Akun X @Hariankompas Menghadapi News Avoidence. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (328kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (376kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (363kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (178kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (250kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dapat mempercepat tersebarnya informasi. Di sisi lain, hal itu juga menjadi penyebab disrupsi media. Salah satu disrupsi tersebut ialah fenomena news avoidance atau penghindaran berita. Fenomena ini dirasakan hampir di seluruh dunia dan menerpa media-media besar dunia. Di Indonesia, fenomena tersebut juga menerpa harian Kompas (Kompas.id). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi media sosial yang digunakan tim media sosial harian Kompas (Kompas.id) dalam menghadapi news avoidance. Penelitian ini menggunakan konsep media sosial dan jurnalisme, news avoidance, news engagement dan strategi komunikasi media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data menggunakan cara wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa news avoidance yang terjadi di harian Kompas (Kompas.id) mengakibatkan minimnya pageview dan engagement dengan pembaca. Hal itu terjadi karena faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal mencakup perkembangan teknologi informasi yang menciptakan banjir informasi, rendahnya minat baca masyarakat, dan fenomena news fatigue. Sedangkan faktor internal yang menjadi pemicu news avoidance di harian Kompas (Kompas.id), ialah produksi berita yang kurang relevan dengan kebutuhan masyarakat, terlalu banyak berita problematik, dan kurangnya variasi konten. Untuk mengatasi tantangan ini, harian Kompas (Kompas.id) melalui tim media sosialnya telah mengembangkan strategi komunikasi media sosial lewat akun X @hariankompas. Salah satu pendekatan utama adalah strategi "samberan" atau joint conversation. Strategi ini cukup memberikan kontribusi positif dalam menghadapi news avoidance di harian Kompas (Kompas.id).

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Benoe Angger Putranto, Andreas (00000106718)
Contributors:
  1. Sri Eko Murtiningsih, Bherta
  2. Priyonggo, Ambang
Keywords: news avoidance; jurnalisme; media sosial; news engagement; strategi komunikasi
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Master Communication Studies
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40656

Actions (login required)

View Item View Item