Pengaruh Motivasi dan Intensitas Penggunaan Live Streaming Commerce terhadap Kepuasan Pengguna Shopee Live

Vasti Alim, Vania (2025) Pengaruh Motivasi dan Intensitas Penggunaan Live Streaming Commerce terhadap Kepuasan Pengguna Shopee Live. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (726kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (444kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (504kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (246kB)

Abstract

Perubahan media dilatarbelakangi oleh berkembangnya Live Streaming Commerce yang kemudian mengubah cara belanja konsumen menjadi lebih dinamis dengan adanya fitur interaksi langsung antara penjual dan pembeli seperti Shopee Live. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh platform Shopee Live dapat meningkatkan motivasi pengguna melalui empat dimensi utama yaitu kognitif, emosional, sosial, dan personal, serta intensitas penggunaan dapat memberikan kepuasan bagi penggunanya. Teori Uses and Gratifications (U&G) adalah dasar teoritis yang digunakan dalam penelitian ini yang menekankan bagaimana pengguna secara aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif yang bersifat eksplanatif, dengan dengan metode survei. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 responden yang aktif menggunakan Shopee Live. Variabel penelitian ini yaitu motivasi dan intensitas penggunaan Shopee Live sebagai variabel independen yang diasumsikan mempengaruhi terhadap kepuasan konsumen. Data dianalisis menggunakan uji regresi berganda, motivasi pengguna berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan dengan sebesar 76,8%. Sedangkan 23,2 persen yang tersisa dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa Shopee Live sebagai platform interaktif yang membantu memenuhi kebutuhan pengguna melalui pendekatan berbasis pengalaman secara langsung.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Vasti Alim, Vania (00000109402)
Contributors:
  1. Murwani, Endah
  2. Astagini, Nuria
Keywords: Motivasi, Intensitas Penggunaan, Kepuasan Pengguna, Live Streaming Commerce, Shopee Live
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Master Communication Studies
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40665

Actions (login required)

View Item View Item