Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Pengguna Kosmetik pada Penggunaan Fitur Augmented Reality di Indonesia

Dian Ladestia Panjaitan, Elisabeth (2024) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Pengguna Kosmetik pada Penggunaan Fitur Augmented Reality di Indonesia. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (916kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (334kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (427kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (425kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (242kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat beli (purchase intention) pengguna kosmetik melalui penggunaan fitur augmented reality (AR) di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan industri kosmetik di e-commerce yang terus meningkat, serta pentingnya inovasi teknologi seperti Augmented reality untuk meningkatkan pengalaman belanja online. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Variabel penelitian mencakup vividness, shopping benefits, behavioral control, satisfaction, dan purchase intention. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 176 responden yang memenuhi kriteria, yaitu perempuan pengguna e-commerce yang pernah menggunakan fitur augmented reality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vividness dan shopping benefits memiliki pengaruh positif terhadap satisfaction, sementara behavioral control secara signifikan memengaruhi purchase intention. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan fitur augmented reality yang lebih interaktif dan realistis untuk meningkatkan kepuasan dan niat beli pengguna. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku industri kosmetik untuk memanfaatkan teknologi augmented reality sebagai strategi pemasaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Dian Ladestia Panjaitan, Elisabeth (00000109940)
Contributors:
  1. Ade Sudiyono, Kristianus (0312116803)
  2. Gunawan Hasan, Djohan
Keywords: E-commerce, Augmented reality, Pengguna Kosmetik, Vividness, Shopping benefits, Behavioral control, Satisfaction, Purchase intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40666

Actions (login required)

View Item View Item