Dian Ladestia Panjaitan, Elisabeth (2024) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention Pengguna Kosmetik pada Penggunaan Fitur Augmented Reality di Indonesia. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (916kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (334kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (427kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (425kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (242kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (278kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi niat beli (purchase intention) pengguna kosmetik melalui penggunaan fitur augmented reality (AR) di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan industri kosmetik di e-commerce yang terus meningkat, serta pentingnya inovasi teknologi seperti Augmented reality untuk meningkatkan pengalaman belanja online. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS). Variabel penelitian mencakup vividness, shopping benefits, behavioral control, satisfaction, dan purchase intention. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 176 responden yang memenuhi kriteria, yaitu perempuan pengguna e-commerce yang pernah menggunakan fitur augmented reality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vividness dan shopping benefits memiliki pengaruh positif terhadap satisfaction, sementara behavioral control secara signifikan memengaruhi purchase intention. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan fitur augmented reality yang lebih interaktif dan realistis untuk meningkatkan kepuasan dan niat beli pengguna. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku industri kosmetik untuk memanfaatkan teknologi augmented reality sebagai strategi pemasaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Creators: | Dian Ladestia Panjaitan, Elisabeth (00000109940) |
Contributors: |
|
Keywords: | E-commerce, Augmented reality, Pengguna Kosmetik, Vividness, Shopping benefits, Behavioral control, Satisfaction, Purchase intention |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 09:34 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40666 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |