Tanasyah, Yacub (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Eksperiensial melalui Open House dalam Membangun Identitas Merek Cita Hati School Surabaya. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (819kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (759kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (652kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (659kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
![]() |
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (280kB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Cita Hati School Surabaya selama awal tahun akademik 2023/2024 (Agustus hingga September), yang berfokus pada tema "Calling Future Leaders" dan pemanfaatan experiential marketing. Pendekatan studi kasus kualitatif diadopsi untuk mengeksplorasi strategi komunikasi pemasaran menggunakan pendekatan Experiential Marketing. Purposive sampling digunakan untuk memilih tiga orang yang mengembangkan strategi komunikasi pemasaran tersebut, dan wawancara semi-terstruktur dilakukan untuk mengumpulkan wawasan mendalam, yang kemudian dianalisis berdasarkan teknik penjodohan pola (pattern matching). Pendekatan kualitatif digunakan untuk memahami perencanaan dan perancangan acara yang kemudian dapat ditinjau berdasarkan experiential marketing. Temuan penelitian ini menunjukan efektivitas pemasaran pengalaman dalam menarik dan melibatkan calon pelajar dan orang tua mereka. Kampanye komunikasi pemasaran "Calling Future Leaders" berhasil menciptakan citra merek yang berkesan dan positif bagi Cita Hati School Surabaya. Faktor-faktor utama yang berkontribusi pada keberhasilan kampanye komunikasi pemasaran meliputi keselarasan pesan kampanye tersebut dengan nilai-nilai sekolah, penciptaan pengalaman yang menarik, dan pemanfaatan berbagai saluran pemasaran. Penelitian ini dapat berkontribusi pada literatur yang ada dengan memberikan studi kasus terperinci mengenai pemasaran pengalaman dalam konteks lembaga pendidikan. Temuan- temuan tersebut menawarkan wawasan terbaru mengenai potensi experiential marketing untuk meningkatkan brand awareness, menarik siswa baru, dan menumbuhkan komunitas sekolah yang positif. Hasil penelitian ini memiliki implikasi praktis bagi lembaga pendidikan yang ingin meningkatkan strategi komunikasi pemasaran mereka. Dengan memahami efektivitas experiential marketing, lembaga pendidikan formal lain dapat mengembangkan kampanye komunikasi yang lebih tertarget dan berdampak untuk menarik dan mempertahankan siswa.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Creators: | Tanasyah, Yacub (00000111354) |
Contributors: |
|
Keywords: | Experiential Marketing, Identitas Brand, Marketing Communication, School Promotion |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Master Communication Studies |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 09:34 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |