Megantari Novianda, Gita (2025) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Social Media Performance pada UMKM di Jabodetabek. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (602kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (330kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (397kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (378kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (205kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (570kB) |
Abstract
Tren perubahan lingkungan secara digital mendorong UMKM di Jabodetabek untuk memanfaatkan media sosial sebagai saluran pemasaran utama. Namun, tidak semua UMKM mampu mengoptimalkan kinerja media sosial secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi social media performance pada UMKM, dengan fokus pada pengaruh environmental forces, absorptive capacity, serta kapabilitas social media marketing dalam membuat konten (posting capability) dan berinteraksi di media sosial (interaction capability). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teori dasar Resource-Based Theory (RBT), dan melibatkan responden dari pelaku UMKM di wilayah Jabodetabek. Hasil analisis menunjukkan bahwa tekanan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap absorptive capacity UMKM. Selain itu, absorptive capacity terbukti mendorong pengembangan kemampuan dalam mengelola konten dan interaksi di media sosial, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja media sosial UMKM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan performa media sosial, UMKM perlu memperkuat kemampuan menyerap dan memanfaatkan informasi eksternal sebagai respons terhadap tekanan lingkungan yang terus berkembang. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mencakup wilayah yang lebih luas, mempertimbangkan distribusi responden yang merata, variabel moderator (level pendidikan & literasi digital) dan internal (pengalaman atau edukasi), pendekatan mixed methods, serta fokus pada platform media sosial tertentu.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Creators: | Megantari Novianda, Gita (00000130103) |
Contributors: |
|
Keywords: | UMKM, Environmental Forces, Absorptive Capacity, Social Media Marketing Capabilitu, Social Media Performance |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 09:35 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/40673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |