Strategi Komunikasi Pemasaran Penerbit Buku Kompas melalui Brand Community dalam Membangun Brand Engagement

Yurivitokris Nugroho, Benedictus (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran Penerbit Buku Kompas melalui Brand Community dalam Membangun Brand Engagement. Master Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (691kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (246kB)

Abstract

Dalam era digital, brand engagement menjadi faktor penting bagi keberhasilan bisnis, termasuk dalam industri penerbitan buku, yang mendorong kreativitas dalam penerapan strategi komunikasi pemasaran melalui pemanfaatan brand community. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi strategi komunikasi pemasaran Penerbit Buku Kompas yang menggunakan brand community dalam upayanya membangun brand engagement. Penelitian ini menggunakan konsep tahapan perancangan strategi komunikasi pemasaran dari Patrick De Pelsmacker, Maggie Geuens, dan Joeri Van Den Berg serta konsep perancangan brand community dari Lauren Perkins. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan Wakil Direktur Harian Kompas dan Tim Penerbit Buku Kompas yang kemudian dianalisis menggunakan pencocokan pola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerbit Buku Kompas sudah melakukan perencanaan strategi komunikasi pemasaran dengan tepat yang kemudian sudah diimplementasikan dengan baik dalam bentuk event daring dan luring yang dibagi menjadi peluncuran buku, diskusi buku, dan aktivasi dengan melibatkan komunitas guna membangun brand engagement. Namun, implementasi strategi komunikasi pemasaran tersebut belum optimal dalam membentuk brand engagement Penerbit Buku Kompas sebab brand community yang terbentuk masih didominasi kebutuhan transaksional semata. Penelitian ini memberikan wawasan konseptual tentang strategi komunikasi pemasaran melalui brand community di dunia penerbitan buku dalam upayanya membangun brand engagement bagi dunia bisnis, terutama penerbitan buku.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Creators: Yurivitokris Nugroho, Benedictus (00000104286)
Contributors:
  1. Murwani, Endah
  2. Astagini, Nuria
Keywords: strategi komunikasi pemasaran, brand community, brand engagement, penerbit buku
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Master Communication Studies
Date Deposited: 21 Oct 2025 04:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/41951

Actions (login required)

View Item View Item