Strategi Media Relations PT Astra Daihatsu Motor dalam Mempertahankan Citra Positif Perusahaan

Afgan, Afgan (2025) Strategi Media Relations PT Astra Daihatsu Motor dalam Mempertahankan Citra Positif Perusahaan. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (489kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (394kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (475kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (310kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (290kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persaingan industri otomotif di Indonesia yang semakin ketat menjadikan peran corporate communication, khususnya melalui media relations sangat penting dalam menjaga reputasi dan kepercayaan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan strategi media relations PT Astra Daihatsu Motor dalam mempertahankan citra positif perusahaan. Fokus penelitian terletak pada bagaimana perusahaan mempersiapkan dan merancang pendekatan komunikasi dengan media sebagai bagian dari strategi media relations dengan menggunakan konsep RACE John Marston serta prinsip media relations Frank Jefkins. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi media relations PT Astra Daihatsu Motor dilaksanakan secara komprehensif, mulai dari riset berbasis media monitoring dan interaksi langsung, penetapan strategi komunikasi yang tersegmentasi, pemanfaatan media online serta berbagai kegiatan media relations, hingga evaluasi menggunakan standar AMEC (International Association for the Measurement and Evaluation of Communication), sehingga perusahaan mampu mempertahankan citra positifnya di mata publik.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Afgan, Afgan (00000060749)
Contributors: Anugrah Bangun, Cendera Rizky
Keywords: Media Relations, Citra Perusahaan, Media Komunikasi, Corporate Communication, PT Astra Daihatsu Motor
Subjects: 300 Social Sciences
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Date Deposited: 09 Dec 2025 08:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/42674

Actions (login required)

View Item View Item