Pengaruh Product Features, Brand Image, Product Price, dan Social Influence terhadap Purchase Intention Smartphone Vivo (Studi pada Smartphone Vivo)

Subiyanto, Frelie (2025) Pengaruh Product Features, Brand Image, Product Price, dan Social Influence terhadap Purchase Intention Smartphone Vivo (Studi pada Smartphone Vivo). Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (753kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (365kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (492kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (242kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah memengaruhi perubahan perilaku konsumen dalam memilih smartphone dengan berbagai inovasi dan nilai yang ditawarkan. Dalam beberapa tahun terakhir, Vivo mengalami penurunan penjualan di pasar Indonesia sehingga diperlukan analisis yang lebih mendalam untuk memahami faktor yang memengaruhi minat beli konsumen terhadap produknya. Penelitian ini berfokus pada smartphone Vivo dan dilakukan pada responden yang berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dengan tujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Product Features, Product Price, brand image, dan Social influence terhadap purchase intention. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB) yang menjelaskan bahwa minat beli dibentuk oleh sikap, norma subjektif, dan perceived behavioral control. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melalui penyebaran kuesioner online dengan skala Likert 1-5 kepada 130 responden yang telah mengetahui produk smartphone Vivo. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 27 dengan teknik regresi berganda untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Product Features, Product Price, brand image, dan Social influence memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention konsumen terhadap smartphone Vivo. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas fitur, penyesuaian nilai harga, penguatan citra merek, dan pemanfaatan pengaruh sosial merupakan strategi yang penting untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap produk smartphone Vivo di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Subiyanto, Frelie (00000069020)
Contributors: Prettypal Singh, Rajesh
Keywords: Fitur Produk, Citra merek, Harga produk, Pengaruh Sosial, Keputusan pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 22 Dec 2025 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/42897

Actions (login required)

View Item View Item