Pengaruh Heuristic Biases sebagai Mental Shortcuts terhadap Keputusan Investasi Saham di Kota Tangerang dengan Risk Perception sebagai Variabel Mediasi

Syahputra, Herry (2025) Pengaruh Heuristic Biases sebagai Mental Shortcuts terhadap Keputusan Investasi Saham di Kota Tangerang dengan Risk Perception sebagai Variabel Mediasi. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (616kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (607kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (418kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (508kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (193kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan jumlah investor muda di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan semakin tingginya partisipasi generasi muda dalam pasar modal. Namun, fenomena ini juga diikuti dengan meningkatnya potensi pengambilan keputusan yang dipengaruhi oleh faktor psikologis, khususnya heuristic biases. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh overconfidence, representativeness, availability, gambler's fallacy, dan anchoring terhadap keputusan investasi, serta menguji peran risk perception sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Structural Equation Modeling­Partial Least Squares (SEM-PLS). Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 188 responden investor ritel berusia 18­35 tahun yang aktif berinvestasi saham investor ritel di Kota Tangerang. Hasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh variabel heuristic biases berpengaruh positif terhadap keputusan investasi. Selain itu, risk perception juga terbukti berpengaruh positif terhadap keputusan investasi serta berperan sebagai variabel mediasi dalam hubungan antara setiap bias heuristik dengan keputusan investasi. Namun demikian, pada variabel availability bias, mediasi yang terjadi bersifat negatif. Temuan ini menunjukkan bahwa keputusan investasi investor muda tidak hanya didasarkan pada analisis rasional, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh bias kognitif serta persepsi risiko yang terbentuk dari pengalaman dan informasi yang mereka terima. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi investor, regulator, dan pelaku pasar modal dalam meningkatkan kualitas pengambilan keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Syahputra, Herry (00000069023)
Contributors: Nila Chrisanty, Febri
Keywords: Heurtistic Bias, Risk Perception, Keputusan Investasi
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 23 Dec 2025 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/42927

Actions (login required)

View Item View Item