Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Renyak: Inovasi Rujak Buah dengan Cakwe Renyah untuk Pasar Gen Z di Gading Serpong

Kusnadi, Vaiyeen (2025) Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Renyak: Inovasi Rujak Buah dengan Cakwe Renyah untuk Pasar Gen Z di Gading Serpong. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (259kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (814kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (282kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (342kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas pengelolaan bisnis Renyak, sebuah usaha kuliner yang menjualrujakdengancakwerenyahdanbumbukhasberbahantambahanpisang ijo dan nanas untuk konsumen muda, khususnya rentang usia 18­30 tahun di kawasan GadingSerpong.Ditengahbanyaknyapilihanjajanan,konsumentidak selalu menemukan produk yang menawarkan kualitas rasa yang konsisten, konsep yang jelas, serta diferensiasi yang kuat dibanding camilan lain. Renyak meresponskondisitersebutdenganmenghadirkanrujakcakweyangmemadukan cita rasa manis­asam­pedas, tekstur renyah dan segar, serta penyajian yang praktis untuk dikonsumsi sebagai camilan maupun pendamping makan. Secara organisasi,Renyakdikelolaolehtigaperanutama,yaituChiefExecutiveOfficer (CEO),ChiefMarketingOfficer(CMO),danChiefFinancialOfficer(CFO) dengan pembagiantugasyangsalingmelengkapi.PenulisberperansebagaiCEO yang berfokuspadapengambilankeputusanstrategis,perancanganmodelbisnis, penentuan kanal penjualan (penjualan langsung di ruko dan penitipanprodukdi toko mitra), pengelolaanhubunganeksternaldenganpemasokdanpemiliktoko, serta penyusunan arah pengembangan usaha. Kegiatan yang telah dilakukan meliputiproduksidanpenjualanrutinmelaluirukodiGadingSerpongsertaskema penitipan di beberapa toko sekitar. Skripsi ini juga menyusun evaluasi kondisi bisnissaatinidanmerumuskanproyeksipengembanganRenyakdalamtigatahun ke depan melalui business timeline dan milestones bulanan yang mencakup penguatan standar operasional, perluasan titik penjualan, pengembangan varian menu, serta optimalisasi pemasaran digital.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Kusnadi, Vaiyeen (00000071094)
Contributors: Annas, Mohammad
Keywords: Renyak,Chief Executive Officer, PengembanganBisnis
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Management
Date Deposited: 24 Dec 2025 08:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/42959

Actions (login required)

View Item View Item