Kusnadi, Vaiyeen (2025) Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Renyak: Inovasi Rujak Buah dengan Cakwe Renyah untuk Pasar Gen Z di Gading Serpong. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (259kB) |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (814kB) |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (282kB) |
|
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
|
PDF
BAB_V.pdf Download (342kB) |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (337kB) |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas pengelolaan bisnis Renyak, sebuah usaha kuliner yang menjualrujakdengancakwerenyahdanbumbukhasberbahantambahanpisang ijo dan nanas untuk konsumen muda, khususnya rentang usia 1830 tahun di kawasan GadingSerpong.Ditengahbanyaknyapilihanjajanan,konsumentidak selalu menemukan produk yang menawarkan kualitas rasa yang konsisten, konsep yang jelas, serta diferensiasi yang kuat dibanding camilan lain. Renyak meresponskondisitersebutdenganmenghadirkanrujakcakweyangmemadukan cita rasa manisasampedas, tekstur renyah dan segar, serta penyajian yang praktis untuk dikonsumsi sebagai camilan maupun pendamping makan. Secara organisasi,Renyakdikelolaolehtigaperanutama,yaituChiefExecutiveOfficer (CEO),ChiefMarketingOfficer(CMO),danChiefFinancialOfficer(CFO) dengan pembagiantugasyangsalingmelengkapi.PenulisberperansebagaiCEO yang berfokuspadapengambilankeputusanstrategis,perancanganmodelbisnis, penentuan kanal penjualan (penjualan langsung di ruko dan penitipanprodukdi toko mitra), pengelolaanhubunganeksternaldenganpemasokdanpemiliktoko, serta penyusunan arah pengembangan usaha. Kegiatan yang telah dilakukan meliputiproduksidanpenjualanrutinmelaluirukodiGadingSerpongsertaskema penitipan di beberapa toko sekitar. Skripsi ini juga menyusun evaluasi kondisi bisnissaatinidanmerumuskanproyeksipengembanganRenyakdalamtigatahun ke depan melalui business timeline dan milestones bulanan yang mencakup penguatan standar operasional, perluasan titik penjualan, pengembangan varian menu, serta optimalisasi pemasaran digital.
| Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
|---|---|
| Creators: | Kusnadi, Vaiyeen (00000071094) |
| Contributors: | Annas, Mohammad |
| Keywords: | Renyak,Chief Executive Officer, PengembanganBisnis |
| Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
| Divisions: | Faculty of Business > Management |
| Date Deposited: | 24 Dec 2025 08:02 |
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/42959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
