Motif dan Kepuasan Komunitas Penggemar Klub Manchester United dalam Penggunaan Media Online manutd.com pada United Indonesia (Survei terhadap 11 Komunitas United Indonesia Chapter Tangerang)

Galih Permadi, Agustinus (2018) Motif dan Kepuasan Komunitas Penggemar Klub Manchester United dalam Penggunaan Media Online manutd.com pada United Indonesia (Survei terhadap 11 Komunitas United Indonesia Chapter Tangerang). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (358kB) | Preview

Abstract

Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga dengan penggemar terbesar di dunia. Banyak klub-klub besar lahir dan memiliki penggemarnya masing-masing, salah satunya adalah Manchester United. United Indonesia (UI) adalah komunitas dari penggemar klub Manchester United yang sudah berjalan 12 tahun lamanya, semenjak 20 Agustus 2006 lalu dibentuk. Perkembangan UI semakin meningkat tiap tahunnya. Munculnya daerah (chapter) baru, semakin memperbesar lingkup komunitas ini. Penelitian yang berjudul “Motif Penggemar Klub Manchester United dalam Penggunaan Media Online manutd.com pada United Indonesia (Survei terhadap Komunitas United Indonesia chapter Tangerang)” ini bertujuan untuk mengetahui motif dan kepuasan komunitas penggemar klub Manchester United dalam penggunaan media online manutd.com pada United Indonesia chapter Tangerang. Penelitian ini terdiri dari satu variabel, yaitu Motif sebagai variabel X. Penelitian ini bersifat deskriptif dalam pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei yang dilakukan penyebaran kuesioner kepada 286 responden anggota United Indonesia chapter Tangerang. Dari hasil penelitian ini, diperoleh jika motif yang paling terpuaskan adalah Motif 2 (X2), dengan indikator sebagai Motif Informasi yang memiliki mean sebesar 4,7063. Sedangkan, Motif terkecilnya adalah Motif 6 (X6), dengan indikator sebagai Motif Hiburan yang memiliki mean sebesar 3,1049. Dari khalayak atau responden yang diteliti, penggunaan media manutd.com ini dapat memuaskan pembacanya, karena hasil penelitian mengungkapkan bahwa media online manutd.com cenderung mampu memuaskan khalayaknya. Motif responden pun terpenuhi dalam penggunaan media online manutd.com.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works
000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 08 Jul 2019 07:09
Last Modified: 06 Apr 2023 07:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4677

Actions (login required)

View Item View Item