Wijaya, Abraham (2017) analisis pengaruh health consciousness, natural content, dan food safety concern terhadap attitudes towards organic food brand serta implikasinya terhadap purchase intention: telaah pada beras merah organik tropicana slim. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Dengan semakin banyaknya kasus makanan yang memiliki kandungan berbahaya di Indonesia membuat masyarakat khususnya Gen X menjadi khawatir akan produk yang mereka konsumsi. Hal ini mendorong keinginan konsumen untuk lebih menjaga kesehatan dan berhati-hati dalam memilih produk yang terjamin kualitasnya. Penelitian ini membahas faktor-faktor yang dapat mempengaruhi purchase intention dari calon konsumen, yaitu health consciousness, natural content, food safety concern, dan attitudes towards organic food brand pada produk Beras Merah Organik Tropicana Slim. Penelitian ini menggunakan research design deskriptif dengan metode non-probability sampling serta teknik judgmental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan jumlah responden sebanyak 110 orang, dimana responden tersebut merupakan konsumen Gen X yang peduli akan pola hidup sehat dan belum pernah membeli Beras Merah Organik Tropicana Slim. Data tersebut diolah dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Temuan dari penelitian ini adalah tidak terdapatnya hubungan langsung yang positif antara health consciousness dan food safety concern dengan purchase intention tanpa memiliki attitudes towards organic food brand yang positif terlebih dahulu. Hasil dari penelitian ini terkait dengan temuan menyimpulkan bahwa masih terdapat banyak konsumen di Indonesia yang kurang menganggap bahwa menjaga kesehatan merupakan hal yang penting, hal ini dapat ditingkatkan dengan beberapa cara. Kemudian untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk memasukkan rentang pendapatan sebagai salah satu screening untuk dapat secara spesifik lebih mengena kepada target responden yang sesuai nantinya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 641 Food and Drink |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 02:16 |
Last Modified: | 02 Aug 2022 09:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4731 |
Actions (login required)
View Item |