Rostandy, Leonardus Albert (2017) Analisis pengaruh employer attractiveness dan use of social media terhadap corporate reputation perusahaan startup serta implikasinya dengan intention to apply : telaah pada mahasiswa tingkat akhir di jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Indonesia diprediksi akan mendapatkan bonus demografi pada tahun 2020-2030 dengan jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) mencapai 70 %. Maka dari itu Indonesia menjadi negara di kawasan ASEAN yang memiliki jumlah penduduk dengan usia produktif terbanyak dengan presentase 23% generasi millenials dari 625 juta. Gen Y merupakan generasi pertama yang menghabiskan waktu mereka dalam lingkungan digital, teknologi informasi mempengaruhi bagaimana mereka hidup dan bekerja. Hasil survei dari LinkedIn menemukan bahwa tren perekrutan di Indonesia dengan melibatkan 77 profesional dimana sebesar 57% dari mereka sering mengunjungi situs pencari kerja dan sebesar 56% mencari pekerjaan melalui media sosial. Adapun perusahaan startup pada bidang e-commerce menjadi tren pekerjaan yang paling dicari oleh pencari kerja dalam setahun terakhir. Maka dari itu pentingnya perusahaan untuk menarik perhatian calon pekerja yang potensial akan menjadi competitive advantage bagi mereka. Maka dari itu penelitian ini akan membahas mengenai 5 dimensi dari employer attractiveness dan use of social media yang berpengaruh kepada corporate reputation terhadap intention to apply for a job. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan metode nonprobability sampling. Dengan menggunakan teknik judmental sampling. Data yang diperoleh dengan menyebar kuesioner online sebanyak 180 responden dimana responden tersebut merupakan mahasiswa aktif dan memasuki semester akhir, memiliki IPK di atas 3.00 serta berdomisili di JABODETABEK. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi AMOS versi 22.0. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kelima dimensi employer attractiveness terhadap corporate reputation, terdapat hubungan yang positif antara use of social media terhadap corporate reputation dan terdapat hubungan yang positif antara corporate reputaion terhadap intention to apply for a job. Adapun RMSEA dari penelitian ini adalah 0,078 dan nilai X2/DF senilai 2,095.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 04:32 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 02:45 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4761 |
Actions (login required)
View Item |