Analisa pengaruh employee empowerment, teamwork, dan grooming training terhadap job satisfaction; telaah pada karyawan d’hotel Jakarta

Sutedy, Stefanny (2017) Analisa pengaruh employee empowerment, teamwork, dan grooming training terhadap job satisfaction; telaah pada karyawan d’hotel Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (769kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (749kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Industri perhotelan diharapkan dapat berkembang dengan bergantung pada kemampuan sumber daya manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Keberhasilan seluruh pelaksanaan tugas-tugas kerja di hotel sangat ditentukan oleh tersedianya karyawan yang berkualitas. Pada saat penulis melakukan interview di D’Hotel Jakarta, karyawan merasa tidak diberikan tanggung jawab lebih untuk mengontrol dan menerapkan pengetahuan mereka dalam menangani kebutuhan konsumen, semua keputusan berada di pihak atasan. Kerjasama tim di divisi IT dan engineering tidak berjalan dengan baik karena diantara anggota tim lebih mementingkan pekerjaannya masing-masing, individualisme, menutup diri, dan tidak percaya dengan kemampuan anggota tim. Dan menurut observasi penulis, penampilan karyawan D’Hotel Jakarta tidak memenuhi standar grooming hotel. Hal ini menarik bagi penulis untuk melakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan yang bekerja di D’hotel. Oleh karena itu penelitian ini akan membahas tentang tingkat job satisfaction dari karyawan tetap D’Hotel Jakarta yang diukur melalui tiap variabel yakni employee empowerment, job satisfaction dan grooming training. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan metode non-probability. Melalui teknik judgemental sampling, dan pengumpulan data primer diperoleh dengan cara melakukan observasi, interview dan sampel penyebaran kuisioner kepada 80 karyawan tetap D’Hotel Jakarta. Data yang sudah terkumpul lalu diolah dengan menggunakan IBM SPSS 23. Hasil dari pengolahan data akan dilakukan uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji model, dan uji regersi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel employee empowerment berpengaruh secara positif terhadap job satisfaction pada karyawan D’Hotel Jakarta dengan nilai sig. sebesar 0.000 < 0.5 dan nilai t hitung sebesar 4.969 > 1.665, variabel teamwork berpengaruh secara positif terhadap job satisfaction pada karyawan D’Hotel Jakarta dengan nilai sig. sebesar 0.002 < 0.5 dan nilai t hitung sebesar 3.165 > 1.665. Dan pada variabel grooming training secara positif terhadap job satisfaction pada karyawan D’Hotel Jakarta dengan nilai sig. sebesar 0.001 < 0.5 dan nilai t hitung sebesar 3.450 > 1.665. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa employee empowerment, teamwork dan grooming training berpengaruh secara positif terhadap job satisfaction pada karyawan D’Hotel Jakarta. Saran peneliti yaitu sebaiknya atasan memberikan tanggung jawab tentu dengan batasan yang jelas namun nyaman bagi karyawan. Dan jika karyawan melakukan kesalahan, berikan arahan untuk perbaikan dan juga berikan peluang untuk belajar mengambil keputusan yang tepat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training
Divisions: Faculty of Business > Management
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jan 2019 09:07
Last Modified: 18 Apr 2023 02:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item