Rancang Bangun Aplikasi Market Basket Analysis Dengan Menggunakan Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus: D’store Gaming)

Kurniawan, Alvin (2017) Rancang Bangun Aplikasi Market Basket Analysis Dengan Menggunakan Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus: D’store Gaming). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (853kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (695kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Persaingan bisnis retail sudah semakin sengit, sehingga dibutuhkan strategi bisnis dalam bersaing. Pada umumnya data penjualan belum digunakan secara optimal. Tidak terkecuali toko aksesoris komputer D'Store Gaming yang hanya menggunakan data penjualan sebagai laporan penjualan. Data penjualan dapat dianalisis menggunakan Market Basket Analysis sehingga didapatkan informasi yang dapat digunakan dalam pembentukan strategi bisnis. Market Basket Analysis adalah metode dalam data mining yang berfokus pada pencarian pola data penjualan. Dalam penelitian ini algoritma yang digunakan dalam Market Basket Analysis adalah algoritma FP-Growth. Algoritma FP-Growth dipilih karena algoritma ini memiliki performa yang lebih cepat dalam menganalisis data penjualan D'Store Gaming dikarenakan jumlah barang rata-rata dalam setiap transaksi tidak lebih dari lima belas item. Uji coba dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data dummy untuk mengetahui bahwa perhitungan aplikasi sudah sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada dalam algoritma FP-Growth dan menggunakan data penjualan D’Store Gaming untuk mengetahui frequent pattern dari data penjualan D’Store Gaming. Selain itu User Acceptance Testing juga dilakukan untuk mengetahui bahwa aplikasi sudah dianggap memenuhi kebutuhan pengguna aplikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Algoritma FP-Growth, Data Mining, Data Penjualan, D’Store Gaming, Frequent Pattern, Market Basket Analysis, Strategi Bisnis.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology
600 Technology (Applied Sciences) > 660 Chemical Engineering > 665 Technology of Industrial Oils, Fats, Waxes, Gases
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Jan 2019 03:29
Last Modified: 05 Apr 2023 04:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4792

Actions (login required)

View Item View Item