Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bangun Ruang Tiga Dimensi Dengan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus: Sekolah Dasar Sang Timur Ciledug)

Gatara, Adolf Filius (2017) Rancang Bangun Aplikasi Media Pembelajaran Bangun Ruang Tiga Dimensi Dengan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus: Sekolah Dasar Sang Timur Ciledug). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (780kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian berisi tentang perancangan dan pembangunan aplikasi media pembelajaran bangun ruang tiga dimensi dengan teknologi Augmented Reality (AR). Kurikulum tahun 2013 (Kurtilas) memuat pembelajaran bangun ruang untuk siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 6. Buku teks pelajaran yang digunakan siswa kelas 6 di SD Sang Timur Ciledug mempelajari lima bangun ruang yakni kubus, balok, kerucut, tabung, dan limas segi empat. Pembelajaran dikelompokkan menjadi pengetahuan sifat-sifat, pengenalan bentuk jaring-jaring, dan pengukuran volume serta luas permukaan bangun ruang. Aplikasi mengemas ketiga kelompok pembelajaran menjadi tiga mode yakni observasi, simulasi, dan kalkulasi. Mode simulasi menggunakan algoritma Breadth First Search (BFS) dan Depth First Search (DFS) sebagai komplemen untuk melakukan transformasi jaring-jaring menjadi bangun ruang dan sebaliknya. Sampel pengguna aplikasi ialah 69 siswa aktif kelas 6 SD Sang Timur Ciledug. Tingkat motivasi pengunaan aplikasi oleh pengguna diukur dengan menggunakan kuesioner sesuai konteks pemodelan Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM) dengan tiga skala Likert. Didapat hasil indeks aspek joy (96,6%), control (88,4%), immersion (85,5%), curiosity (94,2%), perceived ease of use (87,4%), perceived usefulness (97,6%) dan behavior intention to use (97,6%). Pengaruh penggunaan aplikasi terhadap pemahaman bangun ruang dari siswa dihitung dengan menggunakan tes sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi. Dari 69 siswa terdapat 18,8% siswa yang mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Augmented Reality, Bangun Ruang, Breadth First Search, Depth FirstSearch, Media Pembelajaran, Hedonic Motivation System AdoptionModel
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jan 2019 01:51
Last Modified: 11 Jan 2023 01:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4813

Actions (login required)

View Item View Item