Rancang Bangun Aplikasi Gamifikasi Pembelajaran Kimia Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality

Purnama, Glenn Raditya Rudijana (2017) Rancang Bangun Aplikasi Gamifikasi Pembelajaran Kimia Berbasis Android Dengan Teknologi Augmented Reality. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
Skripsi_GlennRaditya_13110110100.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Dalam belajar, generasi Z lebih efektif ketika belajar menggunakan teknik pembelajaran visual. Salah satu cara menerapkan teknik pembelajaran visual dapat menggunakan teknologi augmented reality. Pelajaran kimia dapat diaplikasikan dengan AR karena termasuk dalam ilmu visual yang mempunyai peran penting dalam praktek sehari-hari. Generasi Z juga akan lebih berkembang di lingkungan belajar yang dapat memaksimalkan kemandirian seperti e-learning. Tetapi, elearning hanya memberikan sedikit dorongan motivasi. Sementara itu, salah satu tujuan dari aplikasi pembelajaran seharusnya menjadi dorongan motivasi. Pendekatan untuk memberikan dorongan motivasi belajar adalah dengan penerapan metode gamifikasi. Oleh karena itu, aplikasi pembelajaran kimia dengan teknologi augmented reality dan metode gamifikasi dirancang dan dibangun untuk memotivasi peserta didik dalam belajar. Aplikasi menggunakan framework Player Centered Design untuk metode gamifikasi. Mekanika game yang digunakan dalam aplikasi ini adalah point, leaderboards, levels, challenges, badges, constraints with urgent optimism, dan rewards. Setelah implementasi dan proses pengujian dilakukan, metode gamifikasi yang diterapkan terbukti berhasil diimplementasi dan dapat memotivasi para peserta didik terkait dengan faktor-faktor pada ARCS Model of Motivational Design dan efektivitas mekanika game. Pada ARCS, faktor Attention paling disetujui dengan nilai 81.57%. Pada efektivitas mekanika game, faktor Engagement paling disetujui dengan nilai 86.7%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Augmented Reality, Gamifikasi, Generasi Z, Player Centered Design, Pembelajaran kimia.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jan 2019 02:02
Last Modified: 21 Jun 2023 01:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item