Rancang bangun aplikasi pengenalan alat musik tradisional banten menggunakan augmented reality dengan algoritma sattolo shuffle

Pambudi, Suryo (2018) Rancang bangun aplikasi pengenalan alat musik tradisional banten menggunakan augmented reality dengan algoritma sattolo shuffle. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (975kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (967kB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (268kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berisi perancangan dan pembangunan aplikasi pengenalan alat musik tradisional Banten menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dengan algoritma Sattolo Shuffle. Alat musik tradisional adalah alat musik rakyat yang secara turun temurun lahir dan berkembang dari budaya daerah. Berdasarkan hasil dari survey, masyarakat berdomisili di Banten kurang mengenal alat musik tradisional Banten. Pengenalan alat musik tradisional Banten meliputi nama, model 3D, sejarah, dan bunyi alat musik. Aplikasi memiliki dua mode yakni eksplorasi dan quiz. Mode quiz mengimplementasikan algoritma Sattolo Shuffle untuk mengacak susunan soal. Aplikasi dibangun menggunakan Unity dan Vuforia dengan bahasa pemrograman C#. Pengaruh penggunaan aplikasi terhadap pemahaman alat musik tradisional Banten dihitung dengan menggunakan tes sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi dengan hasil peningkatan yang dialami oleh seluruh sampel dan 25.8% dari sampel mengalami peningkatan sebesar 80%. Tingkat motivasi pengunaan aplikasi oleh pengguna diukur dengan menggunakan kuesioner sesuai konteks permodelan Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM) dengan tiga skala Likert. Dari 89 sampel didapat hasil indeks aspek joy (97%), control (87,3%), immersion (88,4%), curiosity (95,8%), perceived ease of use (94%), perceived usefulness (96,2%) dan behavioral intention to use (92,9%).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Feb 2019 02:20
Last Modified: 24 Jan 2023 03:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5092

Actions (login required)

View Item View Item