Pranandito, Gregorius Aryodamar (2018) Proses Gatekeeping Di Media Online (Studi Kasus Opini.Id Dalam Mencari Dan Mengabarkan Konten Viral). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Saat ini, video berita singkat tengah populer di berbagai media massa. Beberapa media besar seperti Kompas Tv dan Tv One sudah mulai membuat kemasan berita versi video singkat yang diunggah ke media sosial. Berdasarkan pengamatan peneliti, Al Jazeera Plus (AJ+) merupakan salah satu media massa yang memproduksi video singkat terpopuler di dunia. Di Indonesia, terdapat beberapa media massa yang secara khusus membuat konten video singkat, yakni Opini.id, Pijaru, dan 20Detik. Peneliti memilih Opini.id sebagai objek penelitian karena Opini.id merupakan satu-satunya media massa yang konten utamanya video berdurasi singkat. Penelitian studi kasus kualitatif berjenis deskriptif ini menggunakan paradigma konstruktivis. Untuk menganalisis proses gatekeeping di Opini.id, peneliti menggunakan model modern gatekeeping milik Pamela J. Shoemaker dan Tim P. Reese untuk meneliti lima level gatekeeping yang terjadi di Opini.id yakni level individu, rutinitas media, organisasi, institusi sosial, dan sistem sosial dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Opini.id sebagai media massa online melakukan proses gatekeeping dalam mencari konten-konten yang viral hingga konten tersebut disajikan. Hasil penelitian ini menemukan jika proses gatekeeping di level rutinitas media dan organisasi sangat dominan dalam mempengaruhi proses gatekeeping di Opini.id dalam mencari dan mengabarkan konten viral dibandingkan dengan level Individual, sistem sosial, dan institusi sosial.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Studi Kasus, Gatekeeping, Media Online, Hierarchy of Influence, Shoemaker dan Reese, Viral |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Feb 2019 08:40 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 08:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5125 |
Actions (login required)
View Item |