Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Literasi Media Sosial Pada Generasi Z

Irfan, Muhammad Yusuf (2018) Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Literasi Media Sosial Pada Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (888kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (360kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi mempermudah pengguna media sosial dalam berpartisipasi, berbagi, menciptakan dan menerima informasi. Hal ini mengakibatkan pengguna media sosial memiliki pengaruh dalam penyebaran informasi. Di era pertumbuhan informasi, masyarakat perlu membangun sikap kritis dalam menanggapai informasi di media sosial Instagram, sehingga pengguna Instagram mampu membedakan mana pesan yang benar atau tidak. Salah satunya generasi Z di kota Tangerang menjadi salah satu daerah yang perlu mengoptimalkan dalam kemampuan literasi media sosial. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatif, peneliti ingin mengetahui pengaruh penggunaan Instagram dan mengetahui kemampuan literasi media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori media effect. Teori ini menjelaskan bahwa terdapat efek yang ditimbulkan dari media, sehingga setiap orang memiliki kemampuan literasinya masing-masing. Berdasarkan penelitian terhadap 400 orang generasi Z di kota Tangerang yang diperoleh menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 0,05. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh pengaruh sebesar 31% diperoleh pengaruh sebesar 31%, sementara 69% lainnya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Responden masih memiliki pendidikan yang rendah dalam penggunaan media sosial tertentu atau literasi media sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Instagram, Informasi, Teori media effect, Literasi Media Sosial
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Feb 2019 03:07
Last Modified: 12 Apr 2023 06:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5138

Actions (login required)

View Item View Item