Pengaruh Penggunaan Instant Messaging Application Terhadap Karakteristik Komunikasi Hiperpersonal (Studi Aplikasi Line Terhadap Pemuda Di GPIB Zebaoth Bogor)

Leiwakabessy, Patrick Joshua Alfred (2018) Pengaruh Penggunaan Instant Messaging Application Terhadap Karakteristik Komunikasi Hiperpersonal (Studi Aplikasi Line Terhadap Pemuda Di GPIB Zebaoth Bogor). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (916kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Jumlah pengguna internet di Indonesia sangat tinggi dengan menduduki peringkat 6 dalam data Top 25 Countries, Ranked by Internet Users periode 2013-2018 dari eMarketer. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan ada 3 alasan utama orang Indonesia menggunakan internet, yakni untuk mengakses sarana sosial/komunikasi, sumber informasi harian, dan mengikuti perkembangan zaman. Alasan-alasan tersebut dipraktekkan melalui 4 kegiatan utama, yaitu untuk menggunakan jejaring sosial, mencari info/searching/browsing, instant messaging, dan mencari berita terkini. Kini, komunikasi melalui media internet dapat dilakukan melalui teknologi smartphone dengan aplikasi online chatting. Line merupakan aplikasi untuk berkomunikasi yang memungkinkan penggunanya untuk ngobrol gratis kapan pun dan di mana pun, baik obrolan perorangan atau grup dan aplikasi ini tersedia di semua jenis smartphone. Pengguna Line di tanah air sudah didominasi millennials yang sebesar 41% pengguna berumur 18-22 tahun. Dimana mereka terkenal dengan sikap narsismenya yang tinggi, pecandu teknologi, bersikap angkuh, namun bersungguh-sungguh jika ingin mencapai sesuatu dan optimis. Komunikasi hiperpersonal adalah situasi menyatakan bahwa, hubungan atau relasi menggunakan media jauh lebih intim dibandingkan dengan hubungan orang secara langsung atau fisik. Secara sederhana dapat diartikan, rasa nyaman berkomunikasi lewat media daripada berkomunikasi tatap muka. Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pengguna Instant Messaging Application terhadap Karakteristik Komunikasi Hiperpersonal (Studi Aplikasi Line terhadap Pemuda di GPIB Zebaoth Bogor” berlandaskan teori Social Information Processing (SIP) dan komunikasi hiperpersonal itu sendiri berasal dari Computer-Mediated Communication (CMC) yang merupakan asumsi dari teori SIP. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif yang menyoroti atau mencari tahu sebab-akibat hubungan kausal antara variabel-variabel, kemudian melakukan pengujian terhadap hipotesis. Metode yang digunakan merupakan metode survei dengan membagikan kuesioner online kepada 89 responden. Hasil pada penelitian ini, penggunaan chat line terhadap karakteristik komunikasi hiperpersonal memiliki pengaruh yang sangat lemah dengan nilai sebesar 6,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Line, Komunikasi Hiperpersonal, Social Information Processing, Computer Mediated Communication.
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Feb 2019 03:18
Last Modified: 05 Apr 2023 02:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5143

Actions (login required)

View Item View Item