Wahyuni, Regina Devie Dwi (2018) Perbandingan Audience Framing Pemberitaan Bullying Kasus Farhan Antara Mahasiswa Gunadarma Dan Mahasiswa Non Gunadarma. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Bullying merupakan salah satu permasalahan sosial yang marak terjadi di lingkungan pendidikan. Banyak kasus bullying yang menjadi pemberitaan di media, seperti yang terjadi pada Farhan sebagai mahasiswa Universitas Gunadarma yang dilabeli sebagai anak berkebutuhan khusus. Dengan menggunakan metode audience framing, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana memahami sebuah pemberitaan melalui kacamata audiens. Penelitian ini membandingkan bagaimana audiens mahasiswa Gunadarma dan audiens mahasiswa non Gunadarma membingkai pemberitaan tersebut dengan pertimbangan faktor lingkungan, pengalaman pribadi audiens, wacana media, dan popular wisdom. Hasil temuan penelitian ini memperlihatkan adanya perbedaan framing informan Gunadarma yang memberikan beberapa penyangkalan terhadap informasi dalam pemberitaan tersebut seperti Farhan yang dilabeli sebagai anak berkebutuhan khusus, pro dan kontra mengenai tindakan tersebut yang disebut bullying, hingga ketidakpercayaan informan terhadap ucapan Farhan yang disisipkan sebagai kutipan langsung. Namun, berbeda dengan informan non Gunadarma yang memiliki framing yang serupa dengan pemberitan di media. Meski pada akhirnya informan Gunadarma dan non Gunadarma memiliki kesamaan dalam hal empati terhadap Farhan yang diperlakukan kurang baik oleh teman-temannya. Kesimpulannya, penelitian ini menerapkan dan mendukung pendapat Gamson (1992) mengenai faktor kultural, personal, dan integrated dalam memengaruhi terbentuknya audience framing.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | framing, audience framing, bullying, pemberitaan bullying Farhan. |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2019 04:06 |
Last Modified: | 06 Apr 2023 06:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5152 |
Actions (login required)
View Item |