Strategi Membangun Brand Engagement Melalui Media Sosial: Studi Kasus Akun Media Sosial Airasia Indonesia

Nathania, Nathania (2017) Strategi Membangun Brand Engagement Melalui Media Sosial: Studi Kasus Akun Media Sosial Airasia Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Pada era modern ini, penggunaan teknologi dan seluruh platform berbasis internet seakan menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari sistem kehidupan masyarakat global. Begitupun dalam kinerja para praktisi Public Relations yang kini semakin dituntut untuk beradaptasi dengan peningkatan fungsi media sosial. Media sosial telah memegang peranan penting dalam dunia Public Relations sehingga perlu untuk terus dipelajari dan dikembangkan. Penelitian ini mengkaji bagaimana strategi AirAsia Indonesia dalam membangun brand engagement melalui Facebook, Instagram, dan Twitter. Adapun penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Beberapa sumber data yang dihimpun dalam proses penelitian ini antara lain, data primer melalui sesi wawancara dengan Ibnu Ambara, selaku Social Media and Digital Marketing AirAsia Indonesia, Kania Kismadi, Head of Social and Content RED Comm digital agency, Elki Hendria, Strategic Planning Director Phibious Indonesia, serta Nurul Aslamiati, travel blogger dan anggota AirAsia Bloggers Community (AABC) Indonesia. Selain itu peneliti juga mengolah sumber data sekunder yang diperoleh melalui artikel pemberitaan media, jurnal, buku, serta materi visual dan audio visual dari ketiga akun media sosial AirAsia Indonesia. Berbagai konsep yang digunakan untuk mengarahkan penelitian ini adalah Marketing Communications, PR, PR 2.0, media sosial, social media marketing, social media strategy wheel, dan brand engagement. Melalui proses penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ketiga akun media sosial AirAsia Indonesia yang terdiri atas laman Facebook fanpage, Instagram, dan Twitter mampu menjadi sarana untuk membangun brand engagement dengan kalangan target market atau target audience di Indonesia. Dimana AirAsia Indonesia telah menerapkan strategi pada setiap fase sesuai dengan konsep social media strategy wheel oleh Breakenridge. Sejumlah strategi utama dalam membangun brand engagement melalui media sosial, antara lain membangun partisipasi, interaksi, menyentuh sisi emosional, dan penyesuaian dengan karakter target audience.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: AirAsia Indonesia, Public Relations, Media Sosial, Brand Engagement, Facebook, Instagram, Twitter
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Mar 2019 09:34
Last Modified: 28 Apr 2023 05:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5328

Actions (login required)

View Item View Item