Pola Komunikasi Dan Pola Asuh Orangtua Dalam Mengasuh Remaja Tunarungu: Studi Kasus Terhadap Keluarga Remaja Tunarungu Slb Pangudi Luhur Yang Berdomisili Di Kabupaten Tangerang

Okalin, Oslerian Agata (2017) Pola Komunikasi Dan Pola Asuh Orangtua Dalam Mengasuh Remaja Tunarungu: Studi Kasus Terhadap Keluarga Remaja Tunarungu Slb Pangudi Luhur Yang Berdomisili Di Kabupaten Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (887kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (957kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Semua manusia memerlukan komunikasi didalam hidupnya, terlebih orangtua dengan anaknya. komunikasi yang sering terjadi antara orangtua dengan anak membentuk pola komunikasi tertentu. Setiap orangtua memiliki pola komunikasi yang berbeda-beda dalam mengasuh anak-anak mereka, baik anak dalam keadaan normal maupun yang berkebutuhan khusus. Oleh sebab itu, penelitian ini membahas tentang bagaimana pola komunikasi yang dilakukan oleh orangtua dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus, khususnya penyandang tunarungu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma post-positivis. Konsep utama yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah komunikasi antarpribadi untuk membahas mengenai pola komunikasi yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh ketiga informan adalah pola komunikasi persamaan (The Equality Pattern). Pola komunikasi ini menjelaskan bahwa setiap anggota keluarga memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk berkomunikasi dan komunikasi terjadi secara terbuka, jujur, langsung, dan bebas. Sedangkan pola asuh yang diterapkan adalah gaya pengasuhan authoritative Parenting, dimana masing-masing orangtua mendorong anak untuk independen, tetapi orangtua tetap memberikan pengawasan, batasan, dan mengontrol setiap tindakan yang dilakukan oleh anak-anak mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pola komunikasi orang tua, tuna rungu, pola asuh
Subjects: 300 Social Sciences
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.222 Nonverbal Communication
300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.24 Content of Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:06
Last Modified: 03 Jun 2022 02:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5483

Actions (login required)

View Item View Item