Venesia, Venesia (2017) Pengaruh Penggunaan Media Chatting Whatsapp Terhadap Perilaku Komunikasi Anak Kepada Orang Tua: Survei Pada Anak Remaja Pengguna Whatsapp Di Perumahan Kresek Indah, Jakarta Barat. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena sosial di mana perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat membuat masyarakat khususnya para remaja menjadi pengguna gadget yang sangat aktif. Dalam menanggapi permasalahan ini, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari penggunaan media chatting Whatsapp terhadap perilaku komunikasi anak kepada orang tua. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Learning Theor menurut Bandura dalam Santrock (2009). Seseorang bertindak atau berperilaku karena ada model atau objek yang ditiru. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara offline kepada 73 remaja pengguna whatsapp yang tinggal pada perumahan Kresek Indah. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Chatting Whatsapp Terhadap Perilaku Komunikasi Anak Kepada Orang Tua di Perumahan Kresek Indah, Jakarta Barat sebesar 9,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor dan sebab lain yang tidak terangkum atau dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Media Sosial, Perilaku Komunikasi Remaja. |
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 02:52 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 02:40 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5507 |
Actions (login required)
View Item |