Widiyanisari, Arienta (2018) analisis pengaruh social media interaction terhadap emotional attachment, brand relationship quality, serta implikasinya terhadap word of mouth interaction telaah pada pengunjung festival musik we the fest. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Gaya hidup generasi muda saat ini semakin meluas seiring dengan semakin berkembangnya teknologi. Perkembangan teknologi inipun telah mempengaruhi banyak aspek, salah satunya adalah trend entertainment atau hiburan. Seiring berjalannya waktu, pengertian dunia hiburan menjadi cukup beragam bagi banyak orang. Mulai dari melakukan hal yang paling disukai seperti dari berlibur ke tempat yang jauh, pergi berbelanja, berkumpul bersama orang terdekat, bahkan menonton konser atau pertunjukkan musik pun dapat dikatakan sebagai hiburan bagi seseorang. Fenomena inilah yang dimanfaatkan oleh para pihak promotor untuk menciptakan peluang hiburan bagi banyak orang melalui penyelenggaraan pertunjukkan musik. Dibantu dengan kemajuan teknologi yang semakin modern, para promotor tidak lagi mengalami kesulitan untuk mempublikasikan eventnya supaya diminati oleh orang banyak. Dengan metode yang semakin kreatif melalui penggunaaan media sosial, semakin banyak pula target customer yang dapat digapai. Hal ini juga didukung oleh semakin meningkatnya penggunaan media sosial, khususnya Instagram dikalangan generasi muda. Ismaya Live merupakan promotor yang telah berhasil memanfaatkan fenomena ini melalui salah satu event musik garapannya yaitu We The Fest. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah target customer We The Fest bersedia untuk melakukan kegiatan word of mouth interaction yang dipengaruhi oleh social media interaction dari akun Instagram We The Fest melalui emotional attachment dan brand relationship quality. Terdapat 5 hipotesis didalam penelitian ini yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dan perangkat LISREL versi 8.80. Dengan menggunakan kuesioner online, sampel yang didapatkan berjumlah 100 responden. Kesimpulannya adalah semua hipotesis yang diajukan telah terbukti memiliki pengaruh positif. Dengan demikian, We The Fest dapat lebih meningkatkan social media interaction pada akun Instagramnya agar dapat meningkatkan emotional attachment calon customer serta brand relationship quality antara pihak We The Fest dengan calon customernya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.84 Marketing Distribution 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 May 2019 02:50 |
Last Modified: | 02 May 2023 05:31 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5671 |
Actions (login required)
View Item |