Wirawardahna, Cynthia (2018) Pengaruh Rebranding Terhadap Brand Image Tiket.Com: Survei Terhadap Followers Instagram @Tiket.Com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Perkembangan zaman, terutama di era modern ini, membuat banyak perusahaan mulai mengalihkan bisnisnya ke dunia digital agar dapat sejalan dengan gaya hidup masyarakat. Salah satunya adalah tiket.com, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Online Travel Agent atau yang biasa disingkat dengan OTA. Tiket.com merupakan salah satu OTA terbesar yang telah berdiri di Indonesia sejak tahun 2011. Keberadaannya sebagai OTA pertama di Indonesia tidak luput membuat banyak perusahaan atau kompetitor yang meniru untuk bergerak di bidang serupa. Oleh karena itu, hingga saat ini banyak kompetitor mulai bermunculan dan hal tersebut tentunya dapat mengancam keberadaan tiket.com. Tidak hanya berdiam diri, perusahaan yang diakuisi oleh Blibli pada tahun 2017 ini melakukan aktivitas rebranding dengan mengubah value (nilai) dan tampilan fisiknya agak terlihat lebih fresh dan up-to-date. Aktivitas rebranding yang dilakukan oleh tiket.com berupaya untuk dapat meningkatkan brand awareness dari perusahaannya yang akhirnya berdampak kepada brand image dari tiket.com sendiri. Dalam penelitian ini, peneliti menjabarkan secara komprehensif mengenai pengaruh yang diberikan oleh aktivitas rebranding yang dilakukan oleh tiket.com terhadap brand image-nya. Hasil analisis menunjukkan bahwa rebranding yang dilakukan oleh tiket.com memberikan pengaruh sebesar 37.7% terhadap brand image dan terdapat 62.3% dari faktor-faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa variabel rebranding (X) memiliki hubungan kuat yang positif terhadap variabel brand image (Y), yaitu sebesar 0.614.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Tiket.com, Rebranding, Brand Image. |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Jun 2019 08:08 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 02:20 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5849 |
Actions (login required)
View Item |