Mutiara, Eklesia (2018) Strategi visual storytelling dalam membangun corporate branding bukalapak: studi deskriptif analitis terhadap video “bu linda”. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena maraknya penggunaan visual storytelling dalam membangun corporate branding. Hal ini dapat terjadi karena kekuatan dari sebuah cerita dalam bentuk visual diyakini dapat menyentuh emosi khalayak sehingga membentuk persepsi khalayak sesuai dengan yang diingikan perusahaan. Sebelum menentukan cerita yang akan diangkat dalam visual storytelling, perusahaan perlu menganalisa situasi sesuai dengan tujuan perusahaan agar cerita tersebut dapat menjadi efektif dalam penyampaian pesan. Konsep dan model yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Corporate Communications, Corporate Branding, Visual Storytelling serta The Laboratory Model oleh Klaus Fog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi visual storytelling Bukalapak, dalam hal ini video “Bu Linda” dalam membangun corporate branding Bukalapak. Penelitian berfokus pada tahapan storytelling untuk tujuan branding berdasarkan The Laboratory Model oleh Klaus Fog. Paradigma yang digunakan adalah post-positivist, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara mendalam dan studi dokumen, yang dikuatkan dengan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ditulis berdasarkan teknik analisis data menggunakan pattern matching menurut Yin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi visual storytelling yang dilakukan oleh Bukalapak sudah sejalan dengan The Laboratory Model menurut Klaus Fog. Melalui video “Bu Linda”, Bukalapak ingin mengomunikasikan pesan ‘persatuan diantara perbedaan masyarakat Indonesia’ dengan mengangkat konflik perpecahan di Indonesia akibat isu SARA pada Pilkada 2017. Penggunaan karakter dalam video dapat mewakili mayoritas dan minoritas penduduk Indonesia. Bukalapak mengangkat cerita yang unik dan relevan sehingga berhasil mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia. Cerita “Bu Linda” yang dibuat oleh Bukalapak dapat melekat di benak publik sehingga terbentuk corporate brand Bukalapak yang kuat di mata masyarakat Indonesia.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Visual storytelling, corporate branding, Bukalapak |
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 08:29 |
Last Modified: | 17 Oct 2022 01:10 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5863 |
Actions (login required)
View Item |