Yawang, Helena Christina (2018) Strategi Online Public Relations Brand Clean And Clear® 2017: Studi Kasus Kampanye #Banggadenganwarnakulitmu Di Media Digital. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persepsi sosial yang salah mengenai standar kecantikan yang menyatakan bahwa cantik itu harus putih. Hal ini telah lama tertanam di dalam kepala kita terutama di kalangan wanita Indonesia. Menyadari hal ini clean & clear® berkeinginan untuk membangun kepercayaan diri remaja putri di Indonesia dan mengubah persepsi sosial yang salah mengenai standar kecantikan tersebut. Clean & clear® senantiasa meyakini bahwa semua remaja putri itu pada dasarnya cantik dan memiliki kesempatan yang sama dalam hidupnya, tidak peduli apapun warna kulit mereka. Clean & clear® juga percaya bahwa karena banyak remaja putri aktif di dunia digital saat ini, oleh sebab itu gerakan kampanye BANGGA DENGAN WARNA KULITMU ini berbasis digital dengan harapan dapat memudahkan masyarakat Indonesia, terutama remaja putri, untuk berpartisipasi dalam mengubah persepsi salah mengenai standar kecantikan, bahwa sebenarnya cantik itu tidak harus putih. Melalui gerakan digital ini juga sekaligus untuk mendorong dan membuat lebih banyak remaja putri merasa percaya diri dan mencintai diri mereka sendiri. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep perumusan strategi pada online public relation R.A.C.E yang diartikulasikan oleh Jhon Marston serta implementasi dari strategi tersebut yang peneliti kutip dari buku Dennis L. Wilcox dan Glen T. Cameron yang berjudul “Public Relations Strategies and Tactics”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dan mengunakan paradigma post-positivistik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, studi dokumen, dan trianggulasi sumber dari ahli akademisi online public relations dan praktisi kampanye digital. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan online public relations yang diterapkan pada kampanye ini telah mengoptimalkan secara baik dalam menjalankan strategi R.A.C.E serta implentasinya di online public relations.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Online public relations, kampanye digital, media digital |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 07:40 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 03:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5911 |
Actions (login required)
View Item |