Budiman, Andrew Setiawan (2016) Analisis pengaruh website quality dan website awareness terhadap trust dan perceived risk serta implikasinya terhadap purchase intention: telaah pada konsumen mataharimall.com. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya sehingga, industri e-commerce memanfaatkan hal tersebut dengan melakukan aktifitas-aktifitas pemasaran untuk mendapatkan market share yang besar di Indoensia. Menurut Indonesian e-Commerce Association (iDEA), pada tahun 2015 sudah terdapat 80 website e-commerce yang beroperasi di Indonesia. Hal tersebut menunjukkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi industri e-commerce. Namun, tingginya penetrasi pengguna internet di Indonesia tidak sebanding dengan pengguna internet yang pernah berbelanja online. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pengguna internet yang sudah pernah berbelanja online masih rendah atau sekitar 27% dari total pengguna internet Indonesia. Sehingga, industri e-commerce masih memerlukan edukasi dan usaha pemasaran lebih lanjut untuk bisa meningkatkan niat konsumen untuk mau berbelanja online. Oleh karena itu, penelitian ini akan membahas faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi purchase intention to retails’ website, yang mencakup website quality, website awareness, trust dan perceived risk pada website MatahariMall.com Penelitian ini menggunakan desain riset deskriptif dengan metode non-probability sampling dengan teknik judgemental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner pada responden sebanyak 149 responden yang merupakan konsumen yang sudah pernah berbelanja online dan sudah mengunjungi website MatahariMall.com namun belum melakukan pembelian. Data kemudian diolah menggunakan structural equation modelling. Penelitian ini mendapatkan temuan bahwa terdapat hubungan positif antara website quality, website awareness, trust dengan purchase intention to retails’ website. Hubungan negatif antara website quality, website awareness, trust dengan perceived risk terhadap purchase intention to retails’ website.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 14 May 2019 02:16 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 05:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/5955 |
Actions (login required)
View Item |